Rabu, 15 Agustus 2012

YAUM artinya Hari atau Masa


Jangan lupa, Al~Qur'an pun menulis "enam" hari (Arab: "YAUM", Ibrani: YOM)


Q.S. 7:54
Translit, "INNA RABBAKUMULLAHUL LADZII KHALAQAS SAMAAWAATI WAL ARDHA FII SITTATI AYYAAMIN TSUMMAS TAWAA 'ALAL 'ARSYI YUGHSYIL LAILAN NAHAARA YATHLUBUHUU HATSIITSAW WASY SYAMSA WAL QAMARA WAN NUJUUMA MUSAKHKHARAATIM BI AMRIHII ALAA LAHUL KHALQU WAL AMRU TABAARAKALLAHU RABBUL 'AALAMIIN –

"Sesungguhnya Tuhan kamu ialah Allah yang telah menciptakan langit dan bumi dalam 'ENAM MASA', lalu Dia bersemayam di atas Arasy. Dia menutupkan malam kepada siang yang mengikutinya dengan cepat, dan (diciptakan-Nya pula) matahari, bulan dan bintang-bintang (masing-masing) tunduk kepada perintah-Nya. Ingatlah, menciptakan dan memerintah hanyalah hak Allah. Maha Suci Allah, Tuhan semesta alam. "
http://quran.al-islam.com/Targama/DispT ... a=54&t=ind


Terjemahan Abdullah Yusuf Ali,
"Your Guardian-Lord is Allah, Who created the heavens and the earth in 'SIX DAYS', and is firmly established on the throne: He draweth the night as a veil o'er the day, each seeking the other in rapid succession: He created the sun, the moon, and the stars, governed by laws under His command. Is it not His to create and to govern? Blessed be Allah, the Cherisher and Sustainer of the worlds!"

Terjemahan PICKTHAL,
"Lo! your Lord is Allah Who created the heavens and the earth in 'SIX DAYS', then mounted He the Throne. He covereth the night with the day, which is in haste to follow it, and hath made the sun and the moon and the stars subservient by His command. His verily is all creation and commandment. Blessed be Allah, the Lord of the Worlds!"

Terjemahan Palmer,
"Verily, your Lord is God who created the heavens and the earth in 'SIX DAYS'; then He made for the Throne. He covers night with the day-it pursues it incessantly- and the sun and the moon and the stars are subject to His bidding. Aye!- His is the creation and the bidding,- blessed be God the Lord of the worlds!"

Terjemahan Sarwar,
"Your Lord is God who established His dominion over the Throne after having created the heavens and the earth in 'SIX DAYS'. He made the night darken the day which it pursues at a (considerable) speed and He made the sun and the moon submissive to His command. Is it not He Who creates and governs all things? Blessed is God, the Cherisher of the Universe."


Arab "YAUM" dengan "HARI" :


Q.S. 1:4
"Yang menguasai di Hari Pembalasan (YAUMIDDIN)"


Q.S. 2:8
"Di antara manusia ada yang mengatakan: 'Kami beriman kepada Allah dan 'Hari kemudian' (AL YAUMI AL AAKHIRI)', pada hal mereka itu sesungguhnya bukan orang-orang yang beriman."


Q.S. 2:48
"Dan jagalah dirimu dari 'hari' (YAUMAN) seseorang tidak dapat membela orang lain, walau sedikitpun; dan tidak diterima syafa'at dan tebusan dari padanya, dan tidaklah mereka akan ditolong."


Q.S. 2:80
"Dan mereka berkata: 'Kami sekali-kali tidak akan disentuh oleh api neraka, kecuali selama 'beberapa hari' (AYYAAMAN) saja." Katakanlah: "Sudahkah kamu menerima janji dari Allah sehingga Allah tidak akan memungkiri janji-Nya, ataukah kamu hanya mengatakan terhadap Allah apa yang tidak kamu ketahui?"


Dan ayat-ayat ini yang ada hubungannya dengan "angka" hari:


Q.S. 2:196
"Dan sempurnakanlah ibadah haji dan 'umrah karena Allah. Jika kamu terkepung, maka korban yang mudah didapat, dan jangan kamu mencukur kepalamu, sebelum korban sampai di tempat penyembelihannya. Jika ada di antaramu yang sakit atau ada gangguan di kepalanya, maka wajiblah atasnya berfid-yah, yaitu: berpuasa atau bersedekah atau berkorban. Apabila kamu telah aman, maka bagi siapa yang ingin mengerjakan 'umrah sebelum haji, korban yang mudah didapat. Tetapi jika ia tidak menemukan , maka wajib berpuasa 'tiga hari' (THALAATHATI AYYAAMIN)) dalam masa haji dan tujuh hari apabila kamu telah pulang kembali. Itulah sepuluh yang sempurna. Demikian itu bagi orang-orang yang keluarganya tidak berada Masjidil Haram. Dan bertakwalah kepada Allah dan ketahuilah bahwa Allah sangat keras siksaan-Nya."


Q.S. 2:203
"Dan berdzikirlah Allah dalam beberapa hari yang berbilang. Barangsiapa yang ingin cepat berangkat sesudah 'dua hari' (YAUMAYNI), maka tiada dosa baginya. Dan barangsiapa yang ingin menangguhkan, maka tidak ada dosa pula baginya, bagi orang yang bertakwa. Dan bertakwalah kepada Allah, dan ketahuilah, bahwa kamu akan dikumpulkan kepada-Nya."


Q.S. 69:7
"yang Allah menimpakan angin itu kepada mereka selama 'tujuh malam' (SABAA LAYAALIN) dan 'delapan hari' (THAMAANIYATA AYYAAMIN) terus menerus; maka kamu lihat kaum 'Aad pada waktu itu mati bergelimpangan seakan-akan mereka tunggul pohon kurma yang telah kosong."


Sekarang bandingkan dengan ayat dibawah ini, kata 'AYYAAMIN' yang dipelesetkan menjadi "masa":


Q.S. 7:54
"Sesungguhnya Tuhan kamu ialah Allah yang telah menciptakan langit dan bumi dalam 'ENAM MASA' (SITTATI AYYAAMIN), lalu Dia bersemayam di atas 'Arsy. Dia menutupkan malam kepada siang yang mengikutinya dengan cepat, dan matahari, bulan dan bintang-bintang tunduk kepada perintah-Nya. Ingatlah, menciptakan dan memerintah hanyalah hak Allah. Maha Suci Allah, Tuhan semesta alam."


Kata Arab "YAUM" tidak berbeda dengan kata Ibrani "YOM" yang juga dipergunakan untuk menerjemahkan penciptaan selama "ENAM HARI".


Keluaran 20:11
LAI Terjemahan Baru (TB), Sebab 'enam hari' (SYESYET-YAMIN) lamanya TUHAN menjadikan langit dan bumi, laut dan segala isinya, dan Ia berhenti pada hari ketujuh; itulah sebabnya TUHAN memberkati hari Sabat dan menguduskannya.
King James Version (KJV), For in six days the LORD made heaven and earth, the sea, and all that in them is, and rested the seventh day: wherefore the LORD blessed the sabbath day, and hallowed it.
Biblia Hebraic Stuttgartensia (BHS), Hebrew with vowels,
שֵֽׁשֶׁת־יָמִים עָשָׂה יְהוָה אֶת־הַשָּׁמַיִם וְאֶת־הָאָרֶץ אֶת־הַיָּם וְאֶת־כָּל־אֲשֶׁר־בָּם וַיָּנַח בַּיֹּום הַשְּׁבִיעִי עַל־כֵּן בֵּרַךְ יְהוָה אֶת־יֹום הַשַּׁבָּת וַֽיְקַדְּשֵֽׁהוּ׃
Translit,"KI SYESYET-YAMIM 'ASAH YEHOVAH 'ET-HASYAMAYIM VE'ET-HA'ARETS 'ET-HAYAM VE'ET-KOL-'ASYER-BAM VAYANAKH BAYOM HASYEVI'I 'AL-KEN BERAKH YEHOVAH 'ET-YOM HASYABAT VAYQADESYEHU"


Al~Qur'an terjemahan Indonesia menerjemahkan "YAUM" dengan "masa" barangkali kuatir kalo tabrakan dengan penemuan ilmiah bahwa bumi ini sudah berusia jutaan tahun, padahal jika Allah menghendaki, jangankan enam hari, dalam hitungan detik pun langit dan bumi ini akan tercipta.....


Tiada yang mustahil bagi Allah!

Maka, tidak ada yang perlu dipermasalahkan


Note :
Study Kata HARI bisa dibaca di http://www.sarapanpagi.org/hari-study-k ... 8.html#p384


Sumber : Yohannes/ Biblika

Tidak ada komentar:

Posting Komentar