Jumat, 13 Juli 2012

Apa Yang Terjadi Dengan Jaman Keemasan Islam?

Kalau memang Muslim mengalami jaman keemasan dalam matematik dan sains, MANA bekas-bekas kejayaan tersebut dalam dunia Islam?

SAINS MEDIS

Muslim katanya membangun farmasi pertama dan merupakan yang pertama yang menuntut standar pengetahuan dan kompetensi dari dokter dan ahli farmasi lewat ujian ketat.

Pada jaman Kalifah Abbasid kelima, Harun Al Rashid (763 – 809 M), rumah sakit pertama didirikan di Bagdad. Namun bukannya Muslim, tetapi seorang dokter dan ahli riset dari Belgia, Andreas Vesalius (1514 – 1564 M) yang membuka jalan bagi kemajuan dalam dunia medis dengan menerbitkan deskripsi akurat organ internal manusia dalam bukunya, “De Humani Forporis Fabrica” (Susunan tubuh Manusia) pada tahun 1543.

Kenapa? Karena Vesalis mampu memotongi tubuh mayat sementara PRAKTEK INI DILARANG OLEH ISLAM. Apalagi, buku Vesalius penuh dengan gambar-gambar anatomi tubuh manusia, YANG JUGA DILARANG ISLAM.

MATEMATIKA

Ceritanya disini juga sama! Abu Jafar Muhamad Ibn Musa Al-Khwarizmi (780 – 850 M) dikenal sebagai pionir matematika yang menerjemahkan prinsip-prinsip Aljabar dari bahasa Arab, memperkenalkan Eropa kepada matematika. Namun sebenarnya, prinsip-prinsip yang digunakannya sudah ada ratusan tahun sebelum ia lahir, termasuk angka 0. Bahkan sekarang, apa yang kami kenal sebagai angka-angka dalam bahasa Arab tidak lahir di Arab TETAPI DI INDIA DI JAMAN PRA-ISLAM. Bahkan di Arab Saudi sendiri angka-angka ini tidak digunakan.

Memang Al-Khwarizmi sangat berpengaruh, karena kata-kata aljabar dan algorithm diambil dari namanya. Karyanya membuka eksplorasi matematik dan sains di Eropa, tetapi MENGAPA TIDAK DALAM DUNIA ISLAM?

Dengan rumusan matematika, Eropa mencapai kemajuan teknologi hebat. Ini karena Eropa memiliki tradisi intelektualitas panjang yang memungkinkan mereka melakukan inovasi, sementara dunia Islam MANDEG.
Muhamad Ibn Musa Al-Khwarizmi (yang memperkenalkan konsep 0 kepada orang-orang Arab pada tahun 810 M) mengungkapkan bahwa ia mempelajarinya dari pakar matematika ternama India, Brahmagupta. Brahmagupta, tahun 628 M menulis tentang prinsip-prinsip segi tiga astronomi dalam “Brahma-Sphuta-Siddhanta”)

Karya Al Khwarizmi diterjemahkan kedalam bahasa Latin dibawah judul “De Numero Indico” yang berarti ‘Of Indian Numerals’ (DARI Angka-angka India). Terjemahan itu berasal dari abad 12 M oleh Adelard yang tinggal di kota bernama Bath di Britain.

Jadi Al Khwarazmi dan Adelard dianggap sebagai pionir yang mentransmisikan angka-angka India kepada Barat. Kata ‘algorithm’ dalam bahasa Inggris adalah jelmaan nama ‘Khwarazmi’ yang sebenarnya berarti ‘(orang) dari kota Khawarizm’, kota tempat tinggal Al Khwarazmi. Sayang teks asli buku dari India yang dijadikan rujukan Al Khwarazmi hilang. Hanya terjemahannya yang masih ada.

Di bidang matematika, bangsa Arab meminjam begitu banyak dari India sampai bahkan mata pelajaran matematika dalam bahasa Arab disebut dengan nama Hindsa yang berarti ‘dari India’ dan seorang ahli matematika atau insiyur dalam bahasa Arab disebut Muhandis yang menggunakan kata asal ‘Hindsa’.
Bahkan orang Eropa jago memanfaatkan karya-karya Arab tersebut, berbeda dengan orang-orang Arab sendiri. Di abad ke 12, semua universitas Eropa mempelajari Aristotel, Avicenna dan Averroes, sementara karya-karya mereka tidak diacuhkan dan bahkan tidak diajarkan sama sekali di madrasah-madrasah – yang sampai sekarang hanya mengkonsentrasikan pelajaran pada Al-Quran.

Jadi, mengapa dulunya filosofi tidak diajarkan pada madrasah-madrasah? Ini gara-gara seorang Sufi, Abu Hamid Al-Ghazali (1058 – 1128 M). Walaupun ia seorang pemikir ternama, ia juga penentang pemikiran bebas yang pada umumnya membuat mandeg filosofi Islam dan pemikiran sains.

Dalam bukunya INCOHERENCE OF PHILOSOPHERS :
Ia menuduh Avicenna dan Al-Farabi menantang prinsip-prinsip agama. Ia juga melemparkan pertanyaan retorik tentang para filsuf : “Apakah anda mengatakan bahwa mereka adalah kafir dan bahwa pembunuhan terhadap mereka yang mempertahankan pemikiran filsafat ini adalah wajib? Menyatakan mereka kafir penting karena 3 hal : ajaran mereka bahwa dunia eksis secara eksternal, bahwa Allah tidak mengetahui beberapa hal dan bahwa tidak ada kebangkitan kembali secara badaniah. Jadi, menurut prinisp-prinsip ajaran Islam, PEMBUNUHAN MEREKA ADALAH WAJIB.”
Beginilah caranya mendukung tradisi filsafat yang sehat?

Averroes, menjawab Ghazali dalam bukunya INCOHERENCE OF THE INCOHERENCE dengan menyatakan bahwa para filsuf tidak perlu tunduk pada pakar agama. Namun akibat jeleknya sudah terasa. Jaman Keemasan Filsafat Islam (kalau memang pernah ada), hancur sudah.

Diseluruh dunia Islam berlaku asumsi bahwa Al-Quran adalah buku sempurna dan tidak diperlukan buku lain lagi. Muslim tidak merasa memerlukan pengetahuan dari sumber lain – APALAGI DARI KAFIR.

ALLAH KILLS SCIENCE

Namun pukulan paling keras melawan sains dan filsafat dalam Islam datang dari Al-Quran sendiri. Al-Quran menggambarkan Allah sebagai penguasa absolut. Berbeda dengan kaum Yahudi dan Kristen yang percaya bahwa Tuhan bersifat Maha Baik dan Menciptakan Dunia Menurut Hukum Rasional Yang Terbuka Bagi Manusia Untuk Diselidiki, sehingga mendorong penyelidikan sains.

Ghazali menganggap bahwa adanya hukum-hukum alam selain hukum Allah adalah penghinaan terhadap Allah dan bantahan atas kuasa Allah. Untuk mengatakan bahwa alam semesta diciptakanNya menurut prinsip-prinsip rasional merupakan pembatasan atas kekuasaanNya. KemauanNya-lah yang mengawasi kita semua, dan itu tidak bisa dijadikan bahan penyelidikan manusia.

Jadi sains modern berkembang di Kristen Eropa dan bukan dalam Darul Islam. Di dunia Islam, ALLAH malah sibuk meng KILLING SCIENCE.

NAMUN ADA JUGA MANFAAT ISLAM :

Penemuan kawasan dunia baru oleh orang Eropa yang mengakibatkan jaman Renaissance di Eropa.
Pada tahun 1492, Columbus menemukan Amerika secara kebetulan. Ia tadinya ingin berlayar ke Asia. Ia menyangka Amerika adalah India. Kenapa ia ingin mencari jalan ke Asia? Karena jatuhnya kota Kristen Byzantine, Konstantinopel (Turki sekarang) di tangan Muslim pada tahun 1453 yang menutup jalur perdagangan Eropa ke Timur.

Ini merugikan pedagang-pedagang Eropa yang sampai saat itu berhasil berlayar ke Asia melalui selat Konstantinopel untuk mendapatkan rempah-rempah. Oleh karena itulah Columbus berlayar untuk mencari jalur perdagangan baru sambil menghindari jalur perdagangan yang disabet Muslim-muslim di Turki ini.
Nah, aksi Muslim di Turki itu malah akhirnya membuka Amerika bagi Eropa!

Juga dengan jatuhnya Konstantinopel, matinya kekuasaan Byzantine dan kebiadaban Muslim di Turki ini mengakibatkan emigrasi kaum intelektual Yunani besar-besaran ke Eropa Barat sehingga universitas-universitas Eropa penuh dengan para pakar Plato, Aristotle dan sebagainya. Ini mengakibatkan luapan kekayaan filsafat dan literatur klasik di Eropa dan perkembangan intelektual dan budaya yang belum pernah disaksikan dunia (dan mungkin tidak akan pernah terulang lagi).

Mungkin inilah bentuk sumbangan Muslim kepada dunia Barat. Tetapi lebih dari, itu seni Islam hanya terbatas pada kaligrafi yang membuat mata berkunang-kunang, buku-buku filsafat macam Ghazali dan musik Qasidah yang menyedihkan.

2 komentar:

  1. Mustahil Kristen bisa menjawab
    pertanyaan setingkat SLTP ini?
    1. Mana pengakuan yesus dalam
    Bibel bahwa dirinya tuhan, dan
    perintah untuk menyembah
    dirinya ?
    2. Mana keterangan dalam Bibel
    tentang Tanggal Lahir yesus dan
    perintah merayakan natal pada
    tanggal 25 Desember ??
    3. Mana perintah yesus untuk
    beribadah hari minggu ?
    4. Kenapa kristen meghallalkan
    berzinah ? apa dasarnya ?
    pemain bokep amerika 100%
    kristen dan tidak dilarang oleh
    agama kristen !
    5. Siapa orang yang pertama kali
    melukis wajah tuhan / yesus ?
    sertakan dalil yang kuat
    6. Apa agama yang di anut yesus
    ketika masih hidup ? kristen atau
    katolik ? sertakan dalil
    7. Mana dalil dalam
    bibel ,''asalkan percaya kepada
    yesus pasti masuk surga'' ? ada
    kata PASTI !!!
    8. Kenapa jumlah ayat bibel
    berbeda-beda, bibel indonesia
    berbeda dengan bibel amerika,
    dan negara lainnya. dan
    perbedaanya sangat jauh !
    9. Sebutkan siapa yang hafal
    bibel di luar kepala, walau 1
    surah saja !
    10. Kenapa agama kristen
    menghalalkan minuman keras ?
    apa dasarnya ?
    11. Kenapa agama kristen selalu
    mengamandemen kitab sucinya
    ''bibel'' ?
    12. Kenapa agama kristen
    meghallalkan makan
    anjing,babi,dan hewan najis
    lainnya ? apa dasarnya ?
    13. Jika yesus benar tuhan, tentu
    sangat diabadikan makam
    aslinya, dimana makam asli
    yesus, sebutkan alasan tentang
    kebenarannya !
    14. Kenapa yesus
    sembahyanag ? siapa yang ia
    sembah ?
    15. Kenapa yesus di baptis ?
    kenapa tuhan di baptis oleh
    manusia ?
    16. Mana dalil bahwa yesus yang
    menciptakan alam semesta
    beserta isinya ?
    17. Mana dalil tentang tuntunan
    sembahyang dengan bernyanyi ?
    18. Jika benar yesus tuhan.
    Kenapa tuhan rela mati demi
    makhluk ciptaanya sendiri ?
    dimaa derajatnya sebagai tuhan ?

    BalasHapus
  2. Kasihan kau Dean Pohan, semoga Roh Kudus menjamah dan membuka mata hatimu.

    BalasHapus