Kamis, 14 Maret 2013

MEMAHAMI HAKEKAT SANG KALIMAT DAN RELASINYA DENGAN ALLAH


BAIK QURAN DAN HADIST DENGAN JELAS MENYATAKAN ISA ALMASIH ADALAH SANG KALIMAT DAN ROH ALLAH

“Inamal Masihu ‘isabnu Maryama rasullahi wa kalimatuhu …” Sesungguhnya Isa Al Masih putra Maryam itu utusan Allah dan FirmanNya…

(An Nisa, 4:171)
Quran mengakui bahwa Isa Almasih, putera Maryam, berasal dari Kalimat Allah yang disampaikan kepada Maryam melalui pemberitaan yang dilakukan oleh Jibril.

Namun tanpa alasan yang benar, Muslim menolak Hakekat Isa dihubungkan dengan Allah sebagai Kalimat yang dikeluarkan Allah dari Dzat Allah itu sendiri dengan memberi pernyataan bahwa semua manusia dan ciptaan Allah yang lain adalah Kalimat Allah juga.

Padahal, Quran membedakan antara penggunaan Kalimat Allah dengan Ciptaannya sendiri,

﴾ Al Baqarah:117 ﴿
Allah Pencipta langit dan bumi, dan bila Dia berkehendak (untuk menciptakan) sesuatu, maka (cukuplah) Dia hanya mengatakan kepadanya: "Jadilah!" Lalu jadilah ia.

Al Baqarah:117, jelas membedakan antara Kalimat Allah (dalam hal ini Kalimat “Jadilah”) dengan ciptaannya. Jadi apakah yang dimaksud dengan Kalimat Allah….? Dan Apakah ciptaan Allah bias disebut Kalimat Allah seperti dugaan muslim selama ini…?

APA YANG ALKITAB KATAKAN TERHADAP KALIMAT (LOGOS) ALLAH

1. Kalimat Allah adalah Daya Cipta Allah “Oleh Firman YHWH langit telah di buat dan oleh nafas dari mulut-Nya, terbentuklah semua tentara-Nya” (Mzm 33:6) – ayat ini berpadanan dengan Al Baqarah:117

2. Kalimat Allah bersama-sama dengan Dzat Allah “Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah” (Yoh 1:1)

3. Kalimat Allah itu Kekal, karna keberadaannya senantiasa bersama-sama dengan Allah, kalau Allah adalah Kekal, maka KalimatNya pun akan Kekal “ Ia pada mulanya bersama-sama dengan Allah” (Yoh 1:2)

Melihat beberapa bukti yang dikatakan ALKITAB seputar Kalimat Allah, kita dapat mengambil Kesimpulan bahwa Kalimat Allah itu adalah Hakekat Allah sendiri yang berdiam didalam Dzat Allah sejak Kekekalan hingga Kekekalan (Yohanes 1:3).

Kalimat Allah bukan ciptaan Allah namun Daya Cipta Allah, dan HANYA melalui KalimatNya Allah menciptakan segala sesuatunya “ Segala sesuatu dijadikan oleh Dia(Firman) dan tanpa Dia tidak ada suatupun yang telah jadi dari segala yang telah dijadikan.” (Yohanes 1:3 – Al Baqarah:117)

KALIMAT ALLAH TIDAK SETARA DENGAN CIPTAANYA
Jadi apabila Kalimat Allah berasal dari Allah- setara dengan Allah, maka atas alasan apa muslim menyimpulkan “Allah sama dengan ciptaanNya dengan menyatakan segala ciptaan Allah adalah Kalimat Allah…?” pandangan seperti ini tentu saja dinggap Bid’ah, menyamakan Allah dengan ciptaanNya sendiri.

﴾ Al Ikhlash:1 ﴿
Katakanlah: "Dialah Allah, Yang Maha Esa. Allah adalah Tuhan yang bergantung kepada-Nya segala sesuatu. Dia tiada beranak dan tidak pula diperanakkan, dan tidak ada seorangpun yang setara dengan Dia".

Kalau demikian, lantas apa hubungan antara Kalimat Allah dengan Ciptaan Allah……?

Sebenarnya sangat mudah memahami hal ini, hanya muslim saja mempersulit dirinya sendiri sehingga mereka semakin jauh dari Kebenaran Allah.

Jawabannya adalah Ciptaan adalah HASIL dari KARYA KALIMAT ALLAH didalam dunia, BUKAN KALIMAT ALLAH ITU SENDIRI, manusia dan segala ciptaan lainnya dijadikan (MELALUI) KalimatNya sendiri. Adam yang dilahirkan tanpa melalui proses biologis pun BUKANLAH Kalimat Allah, melainkan Hasil Ciptaan dari Sang Kalimat itu sendiri.

ISA ALMASIH ADALAH KALIMAT ALLAH YANG MENJADI MANUSIA

Setelah memahami makna Kalimat Allah, maka kita bias mengenal sesungguhnya siapakah Isa Almasih sehingga IA dikatakan KALIMAT ALLAH yang disampaikan kepada Maryam, melalui pemberitaan yang dilakukan oleh Jibril.

An Nisaa:171
Sesungguhnya Al Masih, Isa putera Maryam itu, adalah utusan Allah dan kalimat-Nya yang disampaikan-Nya kepada Maryam, dan roh dari-Nya.
Untuk membuktikan kalau Isa Almasih sungguh-sungguh Kalimat Allah yang menjadi manusia marilah kita memeriksa apa yang dikatakan Injil menyangkut Hakekat Isa/Yesus itu sendiri.

>>> YESUS MENYATAKAN DIRINYA “SUDAH ADA BAHKAN SEBELUM ABRAHAM JADI”

Yohanes 8:58
Kata Yesus kepada mereka: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya sebelum Abraham jadi, Aku telah ada."
Kalau Yesus bukan benar-benar Kalimat Allah maka mustahil Yesus menyatakan diriNya sudah ada bahkan sebelum Abraham jadi. Mungkinkah Yesus yang lahir ribuan tahun setelah Abraham bias menyatakan bahwa Ia sudah ada bahkan sebelum Abraham itu jadi….? Jadi siapakah Yesus, dan sebagai apa masa pra ada Dia sebelum menjadi manusia kalau bukan sebagai Kalimat Allah

>>> YESUS MENYATAKAN IA BERASAL DARI ATAS
Yohanes 8:23
Lalu Ia berkata kepada mereka: "Kamu berasal dari bawah, Aku dari atas; kamu dari dunia ini, Aku bukan dari dunia ini.
Kalau eksistensi Yesus belum ada sebelum Ia turun menjadi manusia, maka bagaimana mungkin Yesus menyatakan diriNya berasal dari atas dan bukan dari dunia ini…!, Jadi kalau Yesus bukan dari dunia ini, maka darimanakah Yesus itu sendiri….?
Yesus berasal dari Allah sebagai Kalimatnya (Yohanes 1:1-14).

>>> YESUS DAN BAPA ADALAH SATU
Yohanes 10:30 Aku dan Bapa adalah satu.
Kalau Yesus bukan berasal dari Dzat Allah sebagai KalimatNya, maka dengan alasan apa Yesus menyetarakan diriNya dengan Allah dengan ungkapan mereka adalah satu….? Dengan pernyataan ini semakin menunjukan kesehakekatan dan kesetaraan Yesus dengan Allah itu sendiri dimana masa pra ada Yesus adalah berasal dari Sang Kalimat yang tinggal didalam Dzat Allah.

>>> YESUS DATANG DAN KELUAR DARI DZAT ALLAH
Yohanes 8:42 Kata Yesus kepada mereka: "Jikalau Allah adalah Bapamu, kamu akan mengasihi Aku, sebab Aku keluar dan datang dari Allah. Dan Aku datang bukan atas kehendak-Ku sendiri, melainkan Dialah yang mengutus Aku.

Siapakah YESUS sehingga IA menyatakan datang dan keluar dari Dzat Allah itu sendiri….?

>>> YESUS MENYATAKAN DIRINYA SECARA LANGSUNG ADALAH KALIMAT ALLAH YANG MAHA TINGGI

Wahyu 1:8, Aku adalah Alfa dan Omega, firman Tuhan Allah, yang ada dan yang sudah ada dan yang akan datang, Yang Mahakuasa.

Jadi terjawab sudah, bahwa Masa pra ada YESUS adalah berasal dari Dzat Allah itu sendiri sebagai KalimatNya. KalimatNya itu Kekal makanya Yesus berkata dirinya adalah Awal dan Akhir (Wahyu 1:8), Kalimat adalah Hakekat Allah karna Kalimat berada didalam Allah dan Keluar dari Allah (Yohanes 1:2, Yohanes 8:42), dan melalui KalimatNya segala sesuatunya diciptakan (Yohanes 1:3, Mazmur 33:6).

Kalimat tidak sama dengan ciptaan, maka itu Yesus bukan ciptaan, Kalimat itu justru Pencipta.

Inilah alasan mengapa orang Kristen menyembah Yesus, karna Yesus adalah pengejawantahan Kalimat yang dinyatakan dalam rupa manusia. Orang Kristen tidak menyembah kemanusiaan Yesus melainkan menyembah Sang Kalimat Allah yang berada didalam kemanusiaan Yesus.

Jadi bila setiap muslim yang merendahkan status keIlahian Isa Almasih sebagai Sang Kalimat, sama saja tidak menghargai Anugrah yang telah Allah berikan kepada manusia.

Qs Maryam
19. ia (Jibril) berkata: “Sesungguhnya aku ini hanyalah seorang utusan Tuhanmu, untuk memberimu seorang anak laki-laki yang suci”.
20. Maryam berkata: “Bagaimana akan ada bagiku seorang anak laki-laki, sedang tidak pernah seorang manusiapun menyentuhku dan aku bukan (pula) seorang pezina!”
21. Jibril berkata: “Demikianlah”. Tuhanmu berfirman: “Hal itu adalah mudah bagiku; dan agar dapat Kami menjadikannya suatu tanda bagi manusia dan sebagai rahmat dari kami; dan hal itu adalah suatu perkara yang sudah diputuskan”.

4 komentar:

  1. Berapa BENDEL isi BUKU BUKU yang ada didalam masing masing type BIBLE ?
    .
    Jawaban tepat atas pertanyaan ini : tergantung pada BIBLE yang kamu percaya dan anda berasal dari aliran atau sekte yang mana !.
    .
    BIBLE YAHUDI : Tradisional 24 buku, dibagi menjadi Taurat (lima buku), Nabi (delapan buku), dan Tulisan-tulisan (sebelas buku). (Total 24 buku)
    .
    Alkitab Kristen dibagi menjadi dua bagian, Perjanjian LAMA dan Perjanjian BARU
    .
    BIBLE KATOLIK Roma: 73 buku. Katolik Roma Perjanjian Lama mengikuti Perjanjian Lama kuno Kristen yang disebut Septuaginta, yang mencakup semua buku sama dengan Alkitab Yahudi, ditambah tujuh lebih. Dengan demikian, Katolik Roma Perjanjian Lama memiliki 46 buku. Katolik Roma Baru Perjanjian berisi 27 kitab Perjanjian Baru sama seperti Protestan. (Total 73 buku)
    .
    BIBLE PROTESTAN Perjanjian Lama memiliki buku yang sama dengan Alkitab Yahudi, tetapi nomor dan disusun berbeda, untuk menghasilkan 39 kitab Perjanjian Lama. Perjanjian Baru mengandung 27 kitab. (Total 66 buku)
    .
    BIBLE YUNANI / Ortodoks Timur Perjanjian Lama adalah sedikit lebih panjang dari Perjanjian Lama Katolik Roma. Perjanjian Lama Suryani sering memiliki tambahan materi dalam lampiran. Ortodoks Yunani dan Perjanjian Baru Syria memiliki 27 kitab yang sama seperti Katolik Roma dan Perjanjian Baru Protestan. (Total 78 buku)
    .
    BIBLE ETHIOPIA Ortodoks Perjanjian Lama adalah yang terpanjang di setiap cabang agama Kristen. Ortodoks Ethiopia "Canon Sempit" memiliki 27 kitab Perjanjian Baru yang sama sebagai cabang lain dari agama Kristen, tetapi Ortodoks Ethiopia "Canon luas" termasuk buku beberapa tambahan. (Total 81 buku)
    .
    BIBLE MORMON / Gereja OSZA Meski telah dikanonisasi edisi 1769 dari Alkitab BIBLE King James, Joseph Smith Jr mengatakan bahwa Kidung Agung tidak terinspirasi, dan dianggap Apokrif. Komunitas Kristus sebuah cabang dari Hari Suci Zaman gereja, telah dikanonisasi Terjemahan Joseph Smith (JST) dan telah dikeluarkan Kidung Agung / Songs. (Total 65 buku)
    .
    MORE than 50 Versions ( VERSION : is defferent number of books inside ) of the Bible in English alone (http://www.bible.ca/b-many-versions.htm ) and more than 1000 languages and dialect ( translations is transfering in other language and the translator has own choice of words to use ) of the Bible world wide, Ada LEBIH dari 50 VERSI bible dalam bahasa Inggris saja ( VERSI adalah ber BEDA ISI dan JUMLAH buku buku didalamnya ) dan di TERJEMAH kan lebih dari 1000 macam BAHASA serta DIALEK dalam dunia internasional ( TERJEMAH adalah alih ke bahasa lain dengan memakai PILIHAN KATA KATA dari si penterjemah sendiri )
    .

    BalasHapus
  2. izinkan sy menyampaikan tiada tuhan selain ALLAH, MUHAMMAD rosul ALLAH...........
    BACA ATURAN INJIL JIKA RAGU BERLANJUT HUBUNGI ALQUR AN..... INGA.... INGA...

    BalasHapus
  3. Islam meyakini bw allah adalah dzat yg dpt menghidupkan ttp lebih spesifik lagi bentuk allah itu wujudnya apa ?
    Jelasnya sbb : adam merasa lapar lalu makan buah jadi kenyang mk dzat yg mengenyangkan adam adalah buah.
    adam terbuat dr tanah kering dan hitam dan ditiupkan ruhnya menjadi hidup jadi dzat yg menghidupkan adam adalah ruh.
    Dengan akal dpt diputuskan bw allah berwujud ruh shg dpt ditarik kesimpulan dmn yesus mutlak sbg "anak tunggal allah" yg harus, halal dan diwajibkan disembah atas perintah allah sendiri dlm alquran. Atas perintah allah pula dlm alquran dmn adam wajib disembah oleh semua malaikat dan saat dilawan malaikat tsb langsung jadi iblis yg diusir allah sendiri dr sorga. Mk dlm akal timbul pertanyaan : benarkah adam yg terbuat dr tanah kering dan hitam tsb yg wajib disembah para malaikat dan yg akhirnya juga terusir dr sorga sama nasibnya dg iblis yg dulunya jd malaikat ? Ada terjemahan yg tulus dlm alquran ditulis bw "sesungguhnya perbandingan yesus disisi allah adalah spt adam ...." (3:59). Jd terang benderang bw yg dimaksud allah untuk disembah oleh para malaikat dan seluruh manusia sesungguhnya dialah yesus sb dia dr benih illahi anak allah yg kudus yg ada sebelum semesta ini terwujud dan eksis. Sehinggi tdk malu malu allah menyebut dirinya "kami/kita" dlm kitab sucinya, mk barang siapa mengerti jgn pura pura bebal.

    BalasHapus