Kamis, 14 Maret 2013

BERBAGAI VARIASI DALAM MUSHAF QURAN


BERBAGAI VARIAN TEKS DALAM QURAN

Kita telah mempelajari Sesi I tentang Aquran mengenai sejarah kodefikasinya dalam milis islam-kristen ini. Saya berterimaksih atas berbagai tanggapan yg ada. Saya tetntu akan berusaha untuk memberi jawaban atas semua tanggapan yg ada secara bertahap. Sekarang kita akan pelajari lanjutannya yakni Perdeaan Antar Versi dlm Quran. Sekedar mengingatkan saya ringkaskan dibawah tentang Kodifikasi I ini seperti dibawah :

a. Pada masa Muhammad telah dimulai penulisan dalam berbagai macam tulisan yg juga sering ditulis pada daun-daun palma.
b. Segra setelah kematian Nabi, Alquran telah selesai dibukukan menjadi kitab, pada saat itu ada 7 versi
c. Ustman membakar semua versi dan menyisakan versinya saja yg merupakan hasil revisi dari versi zaid bin tsabit
d. Ratusan tahun setelah tragedi pembakaran, muncul kembali versi versi lain yg akhirnya memaksa kalifah abbasiyah menertibkannya melalui dua menterinya yang menunjuk Ibn Mujahid yg menunjuk 7 qurra ternama saat itu. Tindakannya ini tetap tidak berhasil membuat alquran satu karena tetap muncul versi-versi lain
e. Kemudian pada abad modren ada dua versi yg berbeda yakni versi Arab saudi (1970) dan Versi Mesir (1924). Versi mesir dikerjakan oleh 70 ulama yg mengckaim berdasarkan hafalan semata. Versi Mesir menjadi versi yg paling banyak beredar saat ini.
(mengenai sumbernya silahkan baca kembali tulisan saya Sesi I : Sejarah Kodefikasi Alquran.

Pada Sesi II ini, saya mau mencoba membukakan perbedaan-perbedaan versi terkhusus dua versi kab dan mas ud dibanding teks sekarang serta berbagai legenda dalam quran. Tidak ada maksud apa-apa dalam tulisan ini, hanya membukakan apa adanya. Tidak menafsirkan, karena menafsirkan kitab orang bukan bagian saya. Dan saya tidak ingi terikut arus seperti kebiasaan banyak muslim seperti ahmad deedad dan lain-lain yg sering memaksakan ayat-ayat Alkitab ditafsirkan sesuai keinginannya.

I. Perbedaan Perbedaan Versi
Saudara sepupu kita ini dalam menanggapi perbedaan-perbedaan versi itu pada umumnya menyimpulkan sebagai berikut : (Perbedaan-perbedaan dimaksud hanyalah perbedaan dialek dan atau perbedaan cara membaca, jadi bukan perbedaan teks. Hal ini juga yg mempengaruhi Fahri dalam Novel Ayat-Ayat Cinta-nya. Berbagai opini dan apologi dibuat untuk membela bahwa hal itu hanyalah perbedaan dialek dan cara baca.. Alasan terkuat mereka adalah berdasarkan Hadist nabi yg mengatakan bahwa Alquran dapat dibaca dalam 7 huruf. Opini lain yg mereka buat adalah bahwa semua itu (terkhusus kpd versi modren) hanyalah masalah percetakan ).

Tapi apakah kesimpulan ini didasarkan secara objectif (kenyataan) atau subjektif (hanya untuk membela pandangan alquran tidak pernah berubah?). Mudah sebenarnya ditebak, istilah apapun yg digunakan dalam mebela pandangan alquran tidak pernah berubah - berdasarkan sejarah itu sendiri Alquran jg sudah berubah karena versi-versi awal sudah dirubah oleh Ustman dan pembakaran yg dilakukaannya dari sudut kebenaran dan ilmu pengetahuan tidak dapat diterima karena termasuk bagian dari " Pemusnahan Teks"

Dibawah ini saya tuliskan sedikit contoh sehubungan dengan perbedaan-perbedaan itu sesuai sumber yakni "
a. Kitab al-Masahif, Abi Dawud, 1930. (manuskrip tertua dari kitab ini tersimpan diperpustakaan Zahiriya, Damaskus)
b. Hadist Muslim I, 285-6
c. "Pengatantar Studi Alquran Terjemahan dari Taufiq Adnan Ammal, Rajawali Press, Jakarta. Naskah Asli "Bell`s Introduction of the Qur`an, Montogomery Watt. Silahkan baca buku ini dulu sebelum menuduh yg negatif, anda bisa melihat bahwa Motogomery watt yg bukunya telah diterjemahkan jg mengutip sumber klasik dari sejarahwan Muslim dan penerjemahnya jg Muslim.
d. Jeffrey, Grant, The Signature of God, 1998, Word Publishing. Mohon jangan langsung tuduh karena penulisnya org Barat, baca dulu buku itu, lihat sumber-sumber yg dikutip jeffry, jg dari sumber klasik sejarahwan muslim)

1. Surat 1, Mas`ud dalam alquran-nya tidak memasukkan Surat I sementara versi sekarang dimasukkan.
2. Surat 2 : 204, versi sekarang berbunyi "Wa yush-hidullaaha", sementara versi Mas`ud dan Kab berbunyi "wa yastash-hidullaaha"
3. Surat 2 : 238, Versi sekarang berbunyi "Wa salatil wusta (doa pd siang hari) tidak mempunyai frase tambahan " wa salatil asr (jg doa pd sore hari) yg hanya terdapat pada quran versi Aisha dan Hafsah sebelum ia mendapatkan kodeks Zaid bin tsabit
4. Surat 2 : 259, teks asli ustman berbunyi "Lam yatasannah waandhur" namun Al Hajjaj ibn Yusuf mengubah teks ini menjadi " Lam yatasannah"
5. Surat 2 : 275 "mereka yg makan (mengambil riba) tidak dapat berdiri", namun versi mas`ud menambahkan kata-kata Arab "yawmal qiyaamati" diakhir ayat ini sehingga artinya berubah menjadi "........tidak akan berdiri pada hari kebangkitan"
6. Surat 3;19, versi sekarang berbunyi "INNADIINA INDALLAHIL-ISLAM"(agama dihadapan Allah adalah Islam) sedangan Versi ibn Mas`ud berbunyi " INNADIINA INDALLAHIL HANAFIYAH (agama disisi allah adalah jalan yg lurus). Pernyataan ini mengacu kepada org-org yg menolak penyembahan berhala jauh sebelum Muhammad hadir. Mereka disebut hunafa. Ini bukan hanya sekedar perbedaan teks, tetapi juga maknanya sangat jauh berbeda.
7. Surat 3 : 39, teks masud berbunyi " Maka gabriel memanggil dia, ' O Zakharia" tetapi versi Ustman berbunyi " Malaikat malaikat itu memanggil dia ketika ia bediri di bait suci"
8. Surat 3 : 127, versi skrg berbunyi "wa saari`uu (be quick) sedangkan versi Mas`ud dan Ka`b berbunyi "wa saabiquu (be ahead)
9. Surat 4 : 143, Versi Zait berbunyi "muthabthabiina" sedangkan versi Ka`b dan Mas`ud "Muththab-thibiina"
10. Surat 5 : 48, Versi skrg berbunyi "shir atawwa minhaajaan" sedangkan Versi Ustman berbunyi "shari ya`atan wa minhaahaan". Al hajajaj Ibn Yusus yg mengubah teks ini
11. Surat 6 : 16, Terjemahan modren berbunyi " yusraf (dijauhkan) sedangkan versi Mas`ud dan kab berbunyi "Yusrifillaahu"
12. Surat 6 : 154, versi skrg berbunyi " Wa anna haathaa siraati (sesungguhnya inilah jalanku)", tetapi versi Mas`ud berbunyi " Wa haathaa siraatu rabbakum (inilah jalan Tuhanmu)
13. Surat 10 : 22, teks ustman berbunyi "yanshorokom (tersebar), Al Hajjaj menggantinya menjadi "yousayerokom (menjadikan kamu berjalan).
14. Surat 17:16 " Amarnaa mutrafiiha fafasaquu" dalam teks skrg, sedangkan teks Kab "ba`athnaa akaabira mujrimiihaa famakaruu"
15. Surat 26 : 116, teks ustman berbunyi "Al-mukhrageen (diusir) diubah oleh Alhajjaj "Al-Margoomeen" (mereka yg dirajam sampai mati)
16. Surat 33 : 6, Quran skrg bebrunyi " wa azwaajuhuu ummahaatuhuu (isteri-isterinya adalah ibu-ibu mereka) sedangakan dalam naskah Mas`ud, Ka`b, Ibn Abbas, Ikrima, Mujahid ibn jabr, dan Rabi Ibn Khutaim ada tambahan kalimat "....dan dia adalah bapak mereka). Lagi pula Ubay bin Ka`b telah menetapkan tanggal datangnya Suratuuul-Ahzab (surat 33) sama dengan Surattul - Baqarah (surat 2) dan yg telah kehilangan 200 ayat dibanding ayat sekarang.
17. Surat 39 : 56, Versi skrg berbunyi "Fii janbillah" sedangkan versi Hafsah berbunyi "Fii thikrillah"
18. Surat 47 : 15, Kata "Yasen" dalam teks Ustman diganti oleh Al-Hajjaj menjadi "asen".
19. Surat 57 : 7, frase teks Ustman berbunyi " Wataqu (feared God) diganti oleh AL-Hajjaj menjadi "Wa anfaqu (Spend in charity)
20. Surat 112 : 1 , Alquran skrg memulai ayat ni dengan kata "Qul, Say.." tetapi Teks Mas Ud dan Kab menghilangkan kata ini.
21. Mas`ud jg tidak memasukkan Surat 113 dan 114 kedalam Alqurannya karena merupakan mantra-mantra yg diucapkan manusia
22. Alquran Abu Musa dan alquran-alquran lain mempunyai satu ayat tentang ketamakan manusia tetapi tidak ada dalam versi skrg.
23. Alquran Ka`b, Abu Musa dan Ibn Abbas memiliki dua Surat dalam Alqurannya yakni " Al-Hafd (the haste) dan Al-khal (the separation) yg tidak ada dalam Alquran sekarang.

Tentu dalam kesempatan ini bukan saya maksudkan untuk membuka semua perbedaan itu, lagipula waktu tidak sempat untuk itu dalam artkel kecil ini.

Sejarahwan Artur Jeffrey mendaftarkan 150 perbedaan hanya dalam satu surat saja yaitu dari Surat 2 dan mendaftarkan 2000 perbedaan hanya diantara dua teks yakni teks Mas`ud dan Teks Ka`b dari sumber yg sama. Dan itu baru dari dua versi terdahulu yakni Kab dan masud. Jika sekiranya kita masih memiliki seluruh versi Alquran secara utuh yakni semua versi dibawah ini dan membandingkannya dengan yg masih utuh seperti dibawah ini :

a. Versi mula-mula yakni versi Zaid bin tsabit, Versi Aisya (Istri nabi), Versi Hafsa (istri nabi), Versi Ali Bin Abuthalib (menantu Nabi). Versi Mas`ud, Versi Ka`b, Versi Abu Musa. Versi Mas`ud,
b. Versi Revisi pertama yakni Versi Ustman yg akhirnya membakar semua versi mula-mula (meski tidak berhasil total) -(dikemuddian hari versi Ustman jg direvisi oleh Al-Hajjaj)
c. Versi pada zaman Kalifah Abbasiyah yg dikenal dengan versi para qurra yakni : Versi ibn Amir, Versi ibn Katsir, Versi Abu Amr (Versi Al-duri), Versi Nafi(versi Wars), Versi Hamzah, Versi Al-Kisai.
d. Versi-versi lain yg tidak termasuk versi diatas seperti versi Hafs dari Asim, Versi Arab saudi 1970 dan Versi Mesir 1924 (gabungan dari versi Hafs, Versi Warsh dan Versi Al-duri) (sumber-sumber semua versi ini baca kembali Artikel saya Alquran Sesi I)

Dari beberapa contoh diatas kita bisa melihat ada perbedan teks, perbedan kata, perbedaan jumlah surat, dan perbedaan jumlah ayat, dan beberapa penulis tidak memasukkan surat tertentu ke alqurannya serta Alquran sekrang yg telah kehilangan beberapa surat seperti pada Quran Kab, Musa dan Abbas (yakni Al-hafd dan Al-Khal.)

Jadi jika dari satu surat saja ada 150 perbedaan, dua teks saja ada 2000 perbedaan, maka anda bisa melihat sendnir berapa banyak perbedaan sekiranya teks diatas masih dipelihara.

Jadi klaim Muslim bahwa itu hanya perbedaan dialek dan cara baca tidak tepat seharusnya mereka jujur mengatakan bahwa disamping perbedaan dialeg dan cara baca ada juga perbedaan teks, perbedan kata, perbedaan jumlah surat, dan perbedaan jumlah ayat serta perbedaan Surat yg dimasukkan dan yg tidak dimasukkan dalam Quran.

Bahkan lebih aneh lagi, Alquran oleh hampir seluruh kaum muslim mengimani bahwa Alquran seolah-olah turun dari surga dalam bentuk Kitab. Seolah-olah Kitab ini tidak ditulis padahal nyata-nyata sejak awal Kitab ini ditulis.

Kalau kita tarik garis sambung antara Alkitab dan Alquran maka perbedaan dan persamaannya adalah sebagai berikut:

1. Ayat-ayat Alkitab diIlhamkan (istilah Kristen/yahudi) oleh Allah untuk ditulis oleh para Nabi dan Rasul sementara ayat-ayat Alquran dikatakan Nuzul (istilah Muslim). Tetapi ini hanyalah perbedaan bahasa/kata karena kalau disimak prosesnya tidak beda. Diilhamkan oleh Allah kepada Para Nabi dan Rasul, bukankah Juga Nuzuul karena Allah dari tempat yg maha tinggi yg memberikannya, Nuzul, bukankah juga diilhamkan karena Allah tidak menurukan kitab dan ataupun ayat dalam bentuk surat bukan? Tetapi Ia juga memberikannya kepada Nabi. Jadi prosesnya sama dalam kata-kata yg berbeda

2. BUkankan yg dikatakan diIlhamkan (istilah Kristen/Yahudi) dan yg Nuzuul (istilah Muslim) ini juga ditulis? Karena yg diIlhamkan dan yg Nuzuul tidak ada dalam bentuk kitab langsung ataupun dalam bentuk ayat-ayat yg sudah dalam buku langsung, tapi ditulis bukan? Penulis Ayat-ayat Allah dalam Alkitab adalah Para Nabi dan Rasul (paling minim murid Nabi/murid Rasul) tetapi penulis Alquran adalah org-org yg mungkin dekat dengannya (kecuali saudaraku Muslim masih tetap berpegang pada ajaran yg seolah-olah mengtakan Alquran turun dari Surga (dalam bentuk kitab dan ayat-ayat tertulis - tetapi kalau anda tetap berpegang kemari sebaiknya pelajari sejarah kodefikasi Alquran).

3. Jika saudaraku Muslim mengatakan bahwa semua versi itu yg sudah jelas perbedaan teks, perbedan kata, perbedaan jumlah surat, dan perbedaan jumlah ayat serta perbedaan Surat yg dimasukkan dan yg tidak dimasukkan dalam Quran juga adalah Firman Allah karena Tuhan menjaganya, Begitu juga dengan Alkitab, Allah tidak akan membiarkan musuhNya untuk memalsukan Alkitab yg sudah diilhamkanNya melalui para Nabi dan Rasul. Pekerjaan Allah tidak akan pernah sia-sia. Ia bagaikan pedang bermata dua yg sanggup memssahkan kebenaran dan ketidakbenaran, yang sanggup mencabut nyawa dan memberikan nyawa.

Dan masih banyak lagi perumpamaan yg dpat kita analogikan. Hanya saja hal itu adalah analogi, yang Pasti Allah yg benar tidak pernah berubah. Dan bagi kekristenan ALKITAB sudah cukup, berotoritas, dan terakhir tidak perlu ditambah lagi walaupun hanya dengan satu ayat tambahan apalagi dengan satu kitab bernama Alquran.

Diakhir Sesi II ini, saya ingin membagikan shring. Kebenaran tidak perlu menunggu suatu saat jika azal sudah menjemput baru kita tahu, kebenaran sudah komplet disingkapkan, sempurna dan sudah selesai dibukakan 2009 tahun lalu oleh Pribadi Yesus. Ia berkata, barangsiapa yg percaya kepadaNya tidak akan BINASA melainkan beroleh HIDUP YG KEKAL.

Alkitab bersaksi " Jika Injil yg kami beritakan masih tertutup juga, maka tertutuplah ia bagi orang-orang yang akan binasa.

Yesus menawarkan pilihan, memilih Dia atau memilih yg lain itu hak anda, tetapi atas segala pilihanmu itu ada sebuah kepastian. Jika engkau memilih Kristus maka KEPASTIAN KESELAMATANMU dijamin dan jika engkau memilih yg lain (yg bukan Kristus) maka KEPASTIAN KEBINASAANMU JUGA DIJAMIN.

5 komentar:

  1. Berapa BENDEL isi BUKU BUKU yang ada didalam masing masing type BIBLE ?
    .
    Jawaban tepat atas pertanyaan ini : tergantung pada BIBLE yang kamu percaya dan anda berasal dari aliran atau sekte yang mana !.
    .
    BIBLE YAHUDI : Tradisional 24 buku, dibagi menjadi Taurat (lima buku), Nabi (delapan buku), dan Tulisan-tulisan (sebelas buku). (Total 24 buku)
    .
    Alkitab Kristen dibagi menjadi dua bagian, Perjanjian LAMA dan Perjanjian BARU
    .
    BIBLE KATOLIK Roma: 73 buku. Katolik Roma Perjanjian Lama mengikuti Perjanjian Lama kuno Kristen yang disebut Septuaginta, yang mencakup semua buku sama dengan Alkitab Yahudi, ditambah tujuh lebih. Dengan demikian, Katolik Roma Perjanjian Lama memiliki 46 buku. Katolik Roma Baru Perjanjian berisi 27 kitab Perjanjian Baru sama seperti Protestan. (Total 73 buku)
    .
    BIBLE PROTESTAN Perjanjian Lama memiliki buku yang sama dengan Alkitab Yahudi, tetapi nomor dan disusun berbeda, untuk menghasilkan 39 kitab Perjanjian Lama. Perjanjian Baru mengandung 27 kitab. (Total 66 buku)
    .
    BIBLE YUNANI / Ortodoks Timur Perjanjian Lama adalah sedikit lebih panjang dari Perjanjian Lama Katolik Roma. Perjanjian Lama Suryani sering memiliki tambahan materi dalam lampiran. Ortodoks Yunani dan Perjanjian Baru Syria memiliki 27 kitab yang sama seperti Katolik Roma dan Perjanjian Baru Protestan. (Total 78 buku)
    .
    BIBLE ETHIOPIA Ortodoks Perjanjian Lama adalah yang terpanjang di setiap cabang agama Kristen. Ortodoks Ethiopia "Canon Sempit" memiliki 27 kitab Perjanjian Baru yang sama sebagai cabang lain dari agama Kristen, tetapi Ortodoks Ethiopia "Canon luas" termasuk buku beberapa tambahan. (Total 81 buku)
    .
    BIBLE MORMON / Gereja OSZA Meski telah dikanonisasi edisi 1769 dari Alkitab BIBLE King James, Joseph Smith Jr mengatakan bahwa Kidung Agung tidak terinspirasi, dan dianggap Apokrif. Komunitas Kristus sebuah cabang dari Hari Suci Zaman gereja, telah dikanonisasi Terjemahan Joseph Smith (JST) dan telah dikeluarkan Kidung Agung / Songs. (Total 65 buku)
    .
    MORE than 50 Versions ( VERSION : is defferent number of books inside ) of the Bible in English alone (http://www.bible.ca/b-many-versions.htm ) and more than 1000 languages and dialect ( translations is transfering in other language and the translator has own choice of words to use ) of the Bible world wide, Ada LEBIH dari 50 VERSI bible dalam bahasa Inggris saja ( VERSI adalah ber BEDA ISI dan JUMLAH buku buku didalamnya ) dan di TERJEMAH kan lebih dari 1000 macam BAHASA serta DIALEK dalam dunia internasional ( TERJEMAH adalah alih ke bahasa lain dengan memakai PILIHAN KATA KATA dari si penterjemah sendiri )
    .

    BalasHapus
    Balasan
    1. ORG GOBLOK JAWABANNYA LARI DARI KONTEK PEMBAHASAN, IDIOT LOE.....!!

      Hapus
  2. 6. Surat 3;19, versi sekarang berbunyi "INNADIINA INDALLAHIL-ISLAM"(agama dihadapan Allah adalah Islam) sedangan Versi ibn Mas`ud berbunyi " INNADIINA INDALLAHIL HANAFIYAH (agama disisi allah adalah jalan yg lurus). Pernyataan ini mengacu kepada org-org yg menolak penyembahan berhala jauh sebelum Muhammad hadir. Mereka disebut hunafa. Ini bukan hanya sekedar perbedaan teks, tetapi juga maknanya sangat jauh berbeda.
    ~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~
    COBA ANDA SCAN BUKTI LAFADZ NYA
    NO REFERENSI = HOAXXX

    Ha Ha..

    BalasHapus
  3. Yang punya blog ini uda mati kah? Kok gk ada tanggapan sampai hari ini? Wkwkwk

    BalasHapus
  4. Oh ini promo kebenaran Yesus
    kan sudah mati, ngapain nyembah bangkai tuhan

    BalasHapus