Kamis, 14 Maret 2013

ISA UNTUK SELURUH UMAT MANUSIA (MELURUSKAN PEMAHAMAN SAMAR AZ ZUKHRUF:59 )


Az Zukhruf:59. Isa tidak lain hanyalah seorang hamba yang Kami berikan kepadanya nikmat (kenabian) dan Kami jadikan dia sebagai tanda bukti (kekuasaan Allah) untuk Bani lsrail

-----> Banyak Muslim mencari-cari dalil pendukung untuk membuktikan bahwa kedatangan Isa Almasih terbatas hanya untuk penduduk yang ada di Israel saja. Padahal kalau kita mau jujur, Quran tidak bias kita jadikan bahan rujukan untuk dapat memahami Kisah Isa Almasih yang sesungguhnya. Kita tidak akan bias memahami kisah hidup Isa yang sesungguhnya bila hanya dengan mengandalkan kisah Quran yang sepotong-sepotong dan tidak jelas seperti ini. Mengapa saya katakan Quran bukanlah sumber yang tepat untuk dapat kita jadikan acuan untuk mengenal Isa Almasih….? Karna Quran bukanlah perkataan Isa, Quran bukan kumpulan biografi yang menjelaskan bagaimana kehidupan Isa selama didunia ini, apa perkataanNya, Mukjizatnya, Ajaran-ajaranNya.

Quran menyatakan ISA member perkataan yang benar dan memberi perkataan Hikmat, kalau tidak melihat kedalam Injil maka bagaimana kita bias mengetahui Hikmat yang seperti apa yang pernah dikatakan Isa Almasih….?

** ﴾ Az Zukhruf:63 ﴿
Dan tatkala Isa datang membawa keterangan dia berkata: "Sesungguhnya aku datang kepadamu dengan membawa hikmat dan untuk menjelaskan kepadamu sebagian dari apa yang kamu berselisih tentangnya

INJIL MEMBERI KESAKSIAN YANG TERANG DAN PENUH MENGENAI KEHIDUPAN ISA ALMASIH
-----------------------------------------------------------

Kalau benar demikian, lantas kemana kita harus beralih untuk dapat benar-benar memahami Isa....?

INJIL DIBERIKAN KEPADA ISA
﴾ Al Maidah:46 ﴿
Dan Kami iringkan jejak mereka (nabi nabi Bani Israil) dengan Isa putera Maryam, membenarkan Kitab yang sebelumnya, yaitu: Taurat. Dan Kami telah memberikan kepadanya Kitab Injil sedang didalamnya (ada) petunjuk dan dan cahaya (yang menerangi)

Quran mengatakan kalau Isa diberikan Injil untuk menyertai pelayanannya selama di dunia, atau dengan kata lain Injil adalah Kitab yang secara khusus kepada Isa dan membicarakan tentang Isa Almasih itu sendiri. Atau dengan kata lain bila kita ingin mengenal Isa lebih jelas maka kita harus melihat apa yang dikatakan Injil mengenai Isa Almasih.

Sebenarnya, Qs 43:59 mirip dengan Kisah dialog yang dilakukan Yesus Kristus dengan seorang wanita kanaan yang meminta kesembuhan. Begini bunyinya:

MATIUS 15
(21) Lalu Yesus pergi dari situ dan menyingkir ke daerah Tirus dan Sidon.
(22) Maka datanglah seorang perempuan Kanaan dari daerah itu dan berseru: "Kasihanilah aku, ya Tuhan, Anak Daud, karena anakku perempuan kerasukan setan dan sangat menderita."
(23) Tetapi Yesus sama sekali tidak menjawabnya. Lalu murid-murid-Nya datang dan meminta kepada-Nya: "Suruhlah ia pergi, ia mengikuti kita dengan berteriak-teriak."
(24) Jawab Yesus: "Aku diutus hanya kepada domba-domba yang hilang dari umat Israel."
(25) Tetapi perempuan itu mendekat dan menyembah Dia sambil berkata: "Tuhan, tolonglah aku."
(26) Tetapi Yesus menjawab: "Tidak patut mengambil roti yang disediakan bagi anak-anak dan melemparkannya kepada anjing."
(27) Kata perempuan itu: "Benar Tuhan, namun anjing itu makan remah-remah yang jatuh dari meja tuannya."
(28) Maka Yesus menjawab dan berkata kepadanya: "Hai ibu, besar imanmu, maka jadilah kepadamu seperti yang kaukehendaki." Dan seketika itu juga anaknya sembuh.

Matius 15:24 Yesus menyatakan (dengan maksud menguji iman si wanita) kalau IA HANYA DIUTUS UNTUK DOMBA YANG HILANG DARI UMAT ISRAEL. Qs 43:19 jelas sekali diambil dari dialog Yesus dengan wanita Kanaan, namun pertanyaannya benarkah dari kisah tsb Yesus menyatakan IA hanya untuk umat Israel saja….? mari kita mengkaji secara lebih mendalam lagi.

TRADISI ORAL YAHUDI (TALMUD) MENYAMAKAN MANUSIA NON ISRAEL SEBAGAI BINATANG
-----------------------------------------------------------------------

Sebelumnya kita belajar dahulu apakah itu Talmud…? Talmud (bahasa Ibrani: תלמוד) adalah catatan tentang diskusi para rabi yang berkaitan dengan hukum Yahudi, etika, kebiasaan dan sejarah.

Talmud adalah tradisi oral yg datangnya dari hasil interpretasi masing-masing Rabi-Rabi Yahudi terhadap sejumlah pernyataan didalam Tanakh (Perjanjian Lama). Hasil inter-pretasi ini bias saja melenceng dari ajaran yang ada didala Tanakh, dan juga namanya Interpretasi seseorang bias saja berbeda-beda, namun semua perkataan yang berbeda-beda para rabi ini dicatatkan kedalam sebuah buku yang dinamakanTALMUD. Dalam Talmud sendiri terdapat ajaran-ajaran yang berbau positif namun ada berbau negativ. Talmud Negativ yang merendahkan bangsa lain (Non Yahudi) dan mengelu-elukan bangsa Israel tampaknya LEBIH MUDAH diterima oleh umum masyarakat Yahudi daripada Talmud yang menganjurkan kesamaan hak antara Yahudi dan Non Yahudi.

Berikut beberapa kesaksian negative Talmud yang berkenaan dengan orang2 diluar Yahudi (disebut Goyyim) dianggap seperti binatang.

"hanya orang-orang bangsa Yahudi yang manusia, sedangkan orang-orang non Yahudi bukanlah manusia melainkan binatang." (Kerithuth 6b hal.78, Jebhammoth 61a).

“Orang-orang non-Yahudi harus dijauhi, bahkan lebih daripada babi yang sakit.” (Orach Chaiim 57, 6a).

MATIUS 15, menyatakan bahwa seorang perempuan Kanaan (NON YAHUDI) dating kepada Yesus dengan maksud memohon pertolongan atas anaknya yang menderita kerasukan (Ayat 22). Namun YESUS tidak begitu begitu saja menerima permohonan si perempuan, ada dua Jawab YESUS kepada perempuan itu

Pertama, “ AKU DIUTUS UNTUK DOMBA YANG HILANG DARI ISRAEL” (ayat 24)

Kedua, “TIDAK PATUT MENGAMBIL ROTI YANG DISEDIAKAN BAGI ANAK-ANAK DAN MELEMPARKANNYA KEPADA ANJING”. (Ayat 26)

Sebelumnya, untuk memahami dialog Yesus dan Perempuan kita perlu memahami makna dibalik kata Anjing, Anak, dan Roti.

Banyak orang Yahudi saat itu menyebut orang non-Yahudi sebagai anjing κυων - "kuôn"(Yunani).

Namun dalam perikop Matius 15:21-28 Yesus Kristus menggunakan bentuk diminutive (makna kecil) dari kata κυων - "kuôn" (anjing) dengan κυναριον - "kunarion" (anjing kecil), tempat rumah tangga, bukan anjing liar (KUON atau כלב - "KELEV", Ibrani) .
Matius 15:26

LAI TB, Tetapi Yesus menjawab: "Tidak patut mengambil roti yang disediakan bagi anak-anak dan melemparkannya kepada anjing (Kunariois)."
Dalam perikop Matius 15:21-28, Yesus membandingkan kata-kata : "domba-domba yang hilang" (τα προβατα τα απολωλοτα - 'ta probata ta apololota', ayat 24), "anak-anak", (τεκνον - "teknôn", ayat 26 di atas) adalah orang Yahudi sebagai suatu bangsa dan umat Allah dalam pengertian luas, sedangkan bangsa lain tidak disebut anak.

"Roti", (Yunani, αρτος - 'artos') yang dimiliki oleh bangsa Yahudi adalah mujizat Yesus Kristus dalam pelayanan-Nya menyembuhkan penyakit dan mengusir roh-roh jahat. "Anjing", (κυναριον - 'kunarion', harfiah "anjing kecil" atau "anak anjing"), adalah istilah kalangan Yahudi bagi bangsa kafir. Yesus Kristus tidak berbicara menggunakan suara hati-Nya melainkan menggunakan ungkapan umum di kalangan Yahudi. Orang Yahudi biasa mengatakan bangsa kafir sebagai hewan buas di padang, kerbau, kambing dan keledai.

Yesus Kristus mempertentangkan dua hal : anak-anak "teknôn" dan anak anjing "kunarion", namun tanggapan perempuan kanaan itu menunjukkan iman dan kerendahan hatinya, yang merupakan inti dari pengajaran kisah ini.
Lalu perempuan itu menjawab: Matius 15:27
LAI TB, Kata perempuan itu: "Benar Tuhan, namun anjing (KUNARIA) itu makan remah-remah yang jatuh dari meja tuannya."
Perempuan Kanaan ini tidak membela diri ataupun tersinggung dikatakan sebagai "kunarion", namun ia mengambil kesempatan dari setiap kata yang diucapkan Yesus bahwa anak anjing "kunarion" akan memakan remah-remah ψιχιονo - "psikhiôn" (juga dalam bentuk diminutive) yang jatuh dari meja κυριων - "kuriôn"/ tuan kecil mereka, yaitu anak-anak tadi.

Dalam Markus 7:27 mencatat perkataan Yesus Kristus "biarlah anak-anak kenyang dahulu", hal ini menimbulkan harapan bagi perempuan itu bahwa gilirannya akan tiba dan ia memperoleh hasilnya, bahwa Yesus Kristus melakukan penyembuhan bagi anaknya dari jarak jauh.

Namun LUAR BIASA Yesus Kristus tidak memberikan remah-remah saja kepada si perempuan, melainkan memberikan makanan roti kepada si wanita sama seperti kepada orang Yahudi lainnya sehingga Mukjizat dapat terjadi kepada anaknya yang menderita kerasukan, dan disembuhkan.

Matius 15: (28) Maka Yesus menjawab dan berkata kepadanya: "Hai ibu, besar imanmu, maka jadilah kepadamu seperti yang kaukehendaki." Dan seketika itu juga anaknya sembuh.

PERTANYAAN UNTUK MUSLIM
Kalau YESUS memang benar-benar diutus HANYA untuk umat Israel, mustahil YESUS menyembuhkan anak si perempuan yang berkebangsaan Non Israel BAHKAN memberikan roti penuh kepada si perempuan tsb…..?

YESUS UNTUK SELURUH BANGSA
Matius 10:5-6
Kedua belas murid itu diutus oleh Yesus dan Ia berpesan kepada mereka: "Janganlah kamu menyimpang ke jalan bangsa lain atau masuk ke dalam kota orang Samaria, melainkan pergilah kepada domba-domba yang hilang dari umat Israel.

Ayat tersebut sering juga diklaim oleh kalangan non-Kristen, bahwa Injil hanya diperuntukkan bagi orang-orang Israel saja. Tetapi harus dipahami bahwa hal tersebut adalah merupakan perintah yang sifatnya temporary yang diperuntukkan ketika murid-murid Yesus melaksanakan awal-awal penginjilan. Bahwa Pengabaran Injil mempunyai tahapan-tahapan, mulai dari lingkungannya (orang-orang Yahudi), kemudian orang-orang di Yudea, Samaria, kemudian terus berjalan keluar, menyebar ke bangsa-bangsa lain (Kitab Kisah Para Rasul menuliskan perjalanan mereka mengabarkan Injil Yesus kepada bangsa-bangsa), Hal tersebut sesuai Amanat Agung Yesus Kristus :

* Matius 28:19-20
Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus, dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman."

Terlebih jauh lagi pada Kitab Kisah Para Rasul lebih jelas lagi tahapan-tahapannya bahwa pelayanan dimulai dari Yudea kemudian Samaria bahkan sampai ke ujung bumi.

* Kisah Para Rasul 1:7-8, menuliskan,
JawabNya: "Engkau tidak perlu mengetahui masa dan waktu, yang ditetapkan Bapa sendiri menurut kuasaNya. Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksiKu di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi."

Yudea dan Samaria adalah langkah yang harus dilewati untuk kemudian sampai ke ujung-ujung bumi. Waktu murid-murid Yesus melangkah ke bangsa-bangsa, tentunya Yudea dan Samaria itu menjadi tanggung-jawab terlebih dahulu. Bagaimana mengukur keberhasilan mereka menjadi berkat bagi bangsa-bangsa adalah sangat tergantung kepada keberhasilan mereka melayani di wilayah Yudea dan Samaria. Kemudian dengan jelas pula kita baca dalam ayat dibawah ini :

* Kisah Para Rasul 16:10
Setelah Paulus melihat penglihatan itu, segeralah kami mencari kesempatan untuk berangkat ke Makedonia, karena dari penglihatan itu kami menarik kesimpulan, bahwa Allah telah memanggil kami untuk memberitakan Injil kepada orang-orang di sana.

Yesus memerintahkan murid-muridnya untuk keluar dari lingkup Israel dan mengabarkan Injil kepada bangsa-bangsa lain. Rasul Paulus dikenal sebagai Rasul yang banyak melakukan terobosan-terobosan sehingga Injil bisa diterima oleh segala macam lapisan, orang Yahudi, non Yahudi dan bangsa-bangsa lain.

ARGUMENTASI LAIN UNTUK MEMBUKTIKAN BAHWA YESUS/ ISA DIUTUS UNTUK SELURUH BANGSA

1. Quran percaya bahwa Pengikut ISA ALMASIH disebut sebagai orang-orang Nasrani: Orang Nasrani adalah orang yang mengikuti Injil (Al Baqarah:146), sedangkan Isa Almasih diberikan Injil atau dengan kata lain Injil ialah Isa itu sendiri (Al Maidah:46). Jadi orang Nasrani yang mengikuti Injil adalah pengikut-pengikut Isa Almasih.

Pertanyaan saya kepada Muslim: penggunaan istilah Nasrani apakah mencakup kaum tertentu saja ….? Kalau makna Nasrani hanya diperuntukan kepada orang Yahudi pengikut Yesus, mengapa pengikut Yesus tidak dilebur menjadi satu dengan pengikut Yahudi saja…? buktinya pengikut Musa disebut orang Yahudi…! Pengikut Yohanes Pembaptis disebut orang Yahudi…! Lantas mengapa Pengikut Isa dibedakan penyebutannya dengan Orang Yahudi lainnya dan memiliki istilah sendiri dengan sebutan orang Nasrani…?

ARGUMENTASI PENDUKUNG:
Waraqah Bin Naufal adalah seorang Keturunan Arab yang beragama Nasrani, Kalau status Kependetaan Waraqah bin Naufal tidak diakui Muhamad, lantas mengapa Muhamad justru meminta rujukan waraqah untuk dapat mengetahui sosok apakah yang mendatangi dia di Goa Hira….?

Diriwayatkan oleh Aisyah: “...Nabi kembali kepada Khadijah disaat jantungnya berdetak dengan cepat. Lalu, Khadijah membawanya kepada Waraqah bin Naufal, seorang nasarah dan yang seorang pembaca Injil dalam bahasa Arab. Waraqa bertanya (kepada nabi),”Apa yang kamu lihat?” Di saat nabi menceritakannya, Waraqah menjawab, “Itu adalah malaikat yang oleh Allah utus kepada Musa. Andai aku masih hidup hingga engkau menerima wahyu, pastilah aku akan mendukungmu sekuat tenaga.” (HR. Bukhari)

Pernyataan Alkitab kalau orang Arab pun banyak yang bertobat dan menerima Kuasa Roh Kudus (Silahkan baca Kisah Para Rasul 2)

2. Kelahiran Isa Almasih dikatakan sebagai Tanda dan Rahmat dari Allah kepada manusia “agar dapat Kami menjadikannya suatu tanda bagi manusia dan sebagai rahmat dari Kami (Maryam:21)”.

Maryam:21 tidak dikatakan kelahiran Isa Almasih hanya untuk bani Israel saja, namun bagi Manusia… Apakah Manusia disini sama dengan orang-orang Israel saja….? tentu tidak, karna orang diluar Israel pun masih berjenis manusia. Selain itu, Adam saja yang adalah Nenek Moyang seluruh umat manusia yang diciptakan TANPA melalui proses biologis tetap tidak pernah dikatakan Kelahirannya sebagai Rahmat dari Allah bagi manusia, lantas mengapa Isa dikatakan untuk seluruh manusia….? Dari sini kita bias lihat bahwa kedatangan Isa kedalam dunia adalah untuk memberkati seluruh umat manusia dan bukan terbatas untuk bani Israel saja.

3. Isa Terkemuka didunia dan di akhirat “(Ingatlah), ketika Malaikat berkata: "Hai Maryam, seungguhnya Allah menggembirakan kamu (dengan kelahiran seorang putera yang diciptakan) dengan kalimat (yang datang) daripada-Nya, namanya Al Masih Isa putera Maryam, seorang terkemuka di dunia dan di akhirat (Ali Imran:45).
Dari ayat diatas adakah Isa hanya dikatakan menempati kedudukan teratas diantara umat Israel saja….? ternyata tidak sama sekali, Isa seorang terkemuka didunia dan juga di Akhirat menunjukan status Isa tidak seperti manusia lainnya. Keagungan Isa melebihi semua manusia lain yang pernah ada dimuka bumi ini dan juga melebihi setiap makhluk yang ada di akhirat.

4. Isa adalah HAKIM YANG ADIL yang akan turun menjelang hari berbangkit, “Demi Allah yang jiwaku di tanganNya, sesungguhnya telah dekat masanya ‘Isa Anak Maryam akan turun di tengah-tengah kamu. Dia akan menjadi HAKIM YANG ADIL …(Hadis Shahih Muslim 127)

Namun muslim menyelewengkan makna ini, dengan member pernyataan bahwa Isa akan turun untuk mematahkan salib dan membunuh orang Nasrani yang telah keluar dari ajaran Injil yang asli.

Buat saya pernyataan tsb tidak valid dan sangat mengada-ada, pertama Quran dengan jelas menyatakan bahwa Pengikut Isa berada diatas orang Kafir hingga Kiamat (Ali Imran:55), artinya status Agama Nasrani diakui didalam Islam, dan pengikut-pengikut Isa adalah orang-orang yang dibenarkan Allah hingga hari kiamat nanti. Selanjutnya bila kedatangan Isa sebagai HAKIM YANG ADIL dimaknai dengan sebuah pembantaian terhadap orang Nasrani yang telah menyeleweng dari ajaran Injil, maka siapakah HAKIM YANG ADIL dari Islam yang akan dibangkitkan untuk menghakimi muslim kafir…? Siapakah yang akan diturunkan untuk menjadi HAKIM YANG ADIL atas umat Yahudi dan aliran-aliran Abrahamaik lainnya yang berasal dari tradisi semitik…? Abraham tidak pernah dikatakan akan turun kedalam dunia untuk menjadi HAKIM atas bangsa Yahudi….!

Selanjutnya, bagaimana mungkin Isa Almasih melakukan sikap yang kontradiksi dengan membunuhi orang Nasrani yang percaya kepada pemberitaan Salib, disaat semasa didunia sebelumnya IA justru memerintahkan murid-muridNYA untuk memberitakan berita penyaliban yang telah mereka saksikan sendiri, sebagai tonggak utama iman Kekristenan…?

1 Yohanes 1
(1) Apa yang telah ada sejak semula, yang telah kami dengar, yang telah kami lihat dengan mata kami, yang telah kami saksikan dan yang telah kami raba dengan tangan kami tentang Firman hidup--itulah yang kami tuliskan kepada kamu. (2) Hidup itu telah dinyatakan, dan kami telah melihatnya dan sekarang kami bersaksi dan memberitakan kepada kamu tentang hidup kekal, yang ada bersama-sama dengan Bapa dan yang telah dinyatakan kepada kami. (3) Apa yang telah kami lihat dan yang telah kami dengar itu, kami beritakan kepada kamu juga, supaya kamupun beroleh persekutuan dengan kami. Dan persekutuan kami adalah persekutuan dengan Bapa dan dengan Anak-Nya, Yesus Kristus. (4) Dan semuanya ini kami tuliskan kepada kamu, supaya sukacita kami menjadi sempurna.

5. Quran mengakui bahwa Utusan Mesias Yaitu Sham`un (Simon) and Yuhanna (Yohanes) dan Bulus (Paulus) memberitakan Injil kewilayah Antioch (Wilayah Non Yahudi).

Tafseer Surah Yaasin, by Ibn Kathir
(When We sent to them two Messengers, they denied them both;) means, they hastened to disbelieve in them.

(so We reinforced them with a third,) means, `We supported and strengthened them with a third Messenger. ' Ibn Jurayj narrated from Wahb bin Sulayman, from Shu`ayb Al-Jaba'i, "The names of the first two Messengers were Sham`un and Yuhanna, and the name of the third was Bulus, and the city was Antioch (Antakiyah).
http://www.qtafsir.com/index.php?option=com_content&task=view&id=1491

Cttn: di Anthiokia adalah asal mulanya timbul nama Kekristenan bagi orang Non Yahudi yang beriman kepada Yesus Kristus dan percaya kepada pemberitaan Injil.

Kisah Para Rasul 11:26, Mereka tinggal bersama-sama dengan jemaat itu satu tahun lamanya, sambil mengajar banyak orang. Di Antiokhialah murid-murid itu untuk pertama kalinya disebut Kristen.

6. Muhamad mengakui Keuniversalitasan Isa Almasih.

Karna Panjang, anda dapat membacanya disini (http://mengenal-islam.forumphp3.com/viewtopic.php?f=2&t=6227)

PENUTUP
Jadi tidak ada alas an bagi kita, untuk menolak KeUniversalitasan YESUS KRISTUS, banyak ayat Alkitab yang membuktikan bahwa YESUS bagi semua manusia, tidak peduli mereka dari suku manapun atau bahasa apapun. Semuannya telah dibeli dan harganya telah dibayar lunas oleh darah YESUS yang memerdekakan kita.

Wahyu 5:9
Dan mereka menyanyikan suatu nyanyian baru katanya: "Engkau layak menerima gulungan kitab itu dan membuka meterai-meterainya; karena Engkau telah disembelih dan dengan darah-Mu Engkau telah membeli mereka bagi Allah dari tiap-tiap suku dan bahasa dan kaum dan bangsa.

2 komentar:

  1. Berapa BENDEL isi BUKU BUKU yang ada didalam masing masing type BIBLE ?
    .
    Jawaban tepat atas pertanyaan ini : tergantung pada BIBLE yang kamu percaya dan anda berasal dari aliran atau sekte yang mana !.
    .
    BIBLE YAHUDI : Tradisional 24 buku, dibagi menjadi Taurat (lima buku), Nabi (delapan buku), dan Tulisan-tulisan (sebelas buku). (Total 24 buku)
    .
    Alkitab Kristen dibagi menjadi dua bagian, Perjanjian LAMA dan Perjanjian BARU
    .
    BIBLE KATOLIK Roma: 73 buku. Katolik Roma Perjanjian Lama mengikuti Perjanjian Lama kuno Kristen yang disebut Septuaginta, yang mencakup semua buku sama dengan Alkitab Yahudi, ditambah tujuh lebih. Dengan demikian, Katolik Roma Perjanjian Lama memiliki 46 buku. Katolik Roma Baru Perjanjian berisi 27 kitab Perjanjian Baru sama seperti Protestan. (Total 73 buku)
    .
    BIBLE PROTESTAN Perjanjian Lama memiliki buku yang sama dengan Alkitab Yahudi, tetapi nomor dan disusun berbeda, untuk menghasilkan 39 kitab Perjanjian Lama. Perjanjian Baru mengandung 27 kitab. (Total 66 buku)
    .
    BIBLE YUNANI / Ortodoks Timur Perjanjian Lama adalah sedikit lebih panjang dari Perjanjian Lama Katolik Roma. Perjanjian Lama Suryani sering memiliki tambahan materi dalam lampiran. Ortodoks Yunani dan Perjanjian Baru Syria memiliki 27 kitab yang sama seperti Katolik Roma dan Perjanjian Baru Protestan. (Total 78 buku)
    .
    BIBLE ETHIOPIA Ortodoks Perjanjian Lama adalah yang terpanjang di setiap cabang agama Kristen. Ortodoks Ethiopia "Canon Sempit" memiliki 27 kitab Perjanjian Baru yang sama sebagai cabang lain dari agama Kristen, tetapi Ortodoks Ethiopia "Canon luas" termasuk buku beberapa tambahan. (Total 81 buku)
    .
    BIBLE MORMON / Gereja OSZA Meski telah dikanonisasi edisi 1769 dari Alkitab BIBLE King James, Joseph Smith Jr mengatakan bahwa Kidung Agung tidak terinspirasi, dan dianggap Apokrif. Komunitas Kristus sebuah cabang dari Hari Suci Zaman gereja, telah dikanonisasi Terjemahan Joseph Smith (JST) dan telah dikeluarkan Kidung Agung / Songs. (Total 65 buku)
    .
    MORE than 50 Versions ( VERSION : is defferent number of books inside ) of the Bible in English alone (http://www.bible.ca/b-many-versions.htm ) and more than 1000 languages and dialect ( translations is transfering in other language and the translator has own choice of words to use ) of the Bible world wide, Ada LEBIH dari 50 VERSI bible dalam bahasa Inggris saja ( VERSI adalah ber BEDA ISI dan JUMLAH buku buku didalamnya ) dan di TERJEMAH kan lebih dari 1000 macam BAHASA serta DIALEK dalam dunia internasional ( TERJEMAH adalah alih ke bahasa lain dengan memakai PILIHAN KATA KATA dari si penterjemah sendiri )
    .

    BalasHapus
  2. Blog pengadu domba. Lihat diKESALAHAN SAINS DALAM QURAN MAUPUN HADIST. Di penciptaan bumi. Sipenulis mengakui kesalahan bibble.lalu kritik agama lain. Be carepul

    BalasHapus