Sabtu, 01 September 2012

Mummi Firaun: Quran vs Bible

Pengantar: Dalam banyak website Islam sering dicantumkan artikel tentang mummi Firaun. Artikel itu menyajikan penemuan mummi Firaun yang setelah diteliti oleh para ahli memberikan bukti yang kuat kebenaran Quran dan sekaligus menyerang kredibilitas Alkitab. Untuk itu kami akan mengkaji artikel itu secara teliti mengacu pada referensi ilmiah yang jelas serta melakukan eksegesis terhadap beberapa ayat Alkitab. Kami membatasi diri untuk tidak membahas ayat-ayat Quran secara detail, karena berkaitan dengan kebijakan Apologia Kristen yang lebih fokus pada aspek pembelaan iman Kristen. Silahkan membaca secara lengkap di salah satu website Islam tentang topik ini Link. Di bawah ini kami mengutip beberapa bagian dari artikel tersebut.

ARGUMENTASI ISLAM
Pada tahun 1898 M, Loret telah menemukan mummi di Thebes di lembah raja-raja –Wadi al-Muluk–, mummi tersebut terindentifikasi sebagai jenazah dari Fir’aun Merneptah yang dipastikan sebagai anak dari Fir’aun Ramses II. Di samping ditemukan mummi dari Merneptah juga ditemukan mummi dari Ramses II dalam keadaan utuh.
Merneptah adalah Fir’aun yang mengejar-ngejar nabi Musa hingga ke laut dan mati tenggelam di laut, sedang Ramses II adalah fir’aun yang hidup persis sebelumnya, kedua-duanya hidup pada masa nabi Musa as.

Kemudian, pada tanggal 8-7-1907, Elliot Smith membuka perban-perban mummi Merneptah untuk memeriksa badannya. Kemudian Elliot Smith mengarang buku The Royal Mummies pada tahun 1912, … Yang paling penting dan berharga dengan penemuan mummi Merneptah dan hasil penelitian Eliot Smith yang menyaksikan mummi Merneptah secara utuh adalah, sebagai bukti materiil secara utuh jenazah dari raja Fir’aun yang mati tenggelam di laut. ….

Alkitab menyatakan tubuh Fir’aun telah musnah karena tenggelam di lautan, sedang Al-Qur’an menyatakan Tubuh Fir’aun tetap utuh dan selamat walaupun tenggelam di lautan, di sisi lain dari dunia sejarah khususnya bidang arkeologi, telah menemukan mummi yang diindentifikasi sebagai jasad dari tubuh Fir’aun yang mengejar-ngejar nabi Musa as dan tenggelam di lautan.
Temuan arkeologi ini, membuktikan apa yang dinyatakan Al-Qur’an tentang tubuh Fir’aun yang dijaga utuh oleh Allah SWT adalah benar-benar terjadi pada 2000 tahun sebelum Al-Qur?an itu sendiri menyatakannya. Dan temuan arkeologi ini secara bersamaan menyangkal apa yang dinyatakan Alkitab bahwa tubuh Fir’aun telah musnah di lautan.

JAWABAN
Artikel tentang Firaun ini mengacu pada buku Maurice Bucaille: Bible, Quran dan Sains Modern, Penerbit Bulan Bintang, 1979. Buku Bucaille ini merupakan Best Seller di kalangan muslim & sering dijadikan acuan untuk membuktikan kebenaran Quran berdasarkan Sains sekaligus menyangkal Alkitab. Namun melalui analisis kritis & teliti berdasarkan Sains teraktual & independen, ternyata banyak klaim dalam buku itu tidak tepat. Sebuah buku yang telah menanggapinya secara komprehensif ditulis oleh Dr. William Campbell: The Qur'an and the Bible in the Light of History & Science, Middle East Resources, 2002

Berkaitan dengan Firaun, Bucaille kemudian menulis buku dengan judulMummies Of The Pharaohs: Modern Medical Investigations. Rujukan utama tulisan Bucaille mengacu pada buku G. Elliot Smith, Catalogue General Antiquites Egyptiennes du Musee du Caire: The Royal Mummies Le Caire : Imprimerie de L'institut Francais D'archeologie Orientale, 1912. Buku ini telah diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris oleh The University of Chicago & bisa diakses secara online Link.

Ok .. mari kita mulai penyelidikan.

A. MERNEPTAH: FIRAUN EXODUS?
Sampai saat ini di kalangan arkeolog belum ada konsensus siapa sebenarnya Firaun Exodus. Ada banyak kandidat Firaun Exodus diantaranya: Amenhotep II, Thutmose III, Ramses II, Merneptah, Ahmose I dan lain-lain. Saat ini kita akan dibahas secara khusus tentang Merneptah yang ditulis dalam artikel tersebut. Karena artikel ini memilih Merneptah sebagai Firaun Exodus “…Merneptah adalah Fir'aun yang mengejar-ngejar nabi Musa…, sedang Ramses II adalah fir'aun yang hidup persis sebelumnya, kedua-duanya hidup pada masa nabi Musa as..”. Sebagai informasi penulisan nama Merneptah memiliki beberapa variasi kata seperti Menephtah, Mineptah & Merenptah.

Pendapat ini juga dikemukan oleh Maurice Bucaille dalam bukunya Bible, Quran dan Sains Modern dengan menyatakan “…Jenazah Mineptah yang sudah diawetkan, anak dari Ramses II yang dapat dipastikan sebagai Fir'aun Exodus…”. Dalam bukunya yang lain  Mummies Of The Pharaohs: Modern Medical Investigations, Maurice Bucaille menulis:
…Ramesses II could not have been in a position to be at the head of the Egyptian army pursuing the Hebrews. Since he was suffering from a disease which rendered him disabled --as shown by X-rays-- … On the other hand, we may state without reservation that his successor, Merenptah…
…Ramses II tidak mungkin bertindak sebagai pemimpin pasukan Mesir mengejar orang Israel. Karena dia sedang menderita sakit yang membuatnya lumpuh—seperti yang ditunjukan oleh Sinar X (terhadap mumminya) …Dengan kata lain, kita bisa menyatakan tanpa ragu bahwa Merenptah yang memimpin pasukan tersebut…

Pendapat Bucaille ini sejalan dengan beberapa ahli lain yang mendukung teori Merneptah sebagai Firaun Exodus, diantaranya:
Holt's World History: A Dictionary of Important People, Places and Events:
…1236 - c. 1223 BC Merneptah reigned; … records of his reign contain the earliest mention of Israel, and many believe him to have been king at the time of the Hebrew Exodus from Egypt
"…1236 s/d 1223 SM masa pemerintahan Merneptah;… catatan-catatan dari masa pemerintahannya terdapat penyebutan paling awal nama Israel, dan banyak yang mempercayai bahwa dialah raja pada masa keluarnya orang Israel dari Mesir
The Hutchinson New Century Encyclopaedia:
…Ramses was succeeded by his 13th son, the elderly Merneptah (possibly the pharaoh of the Exodus)
…Ramses digantikan oleh anaknya yang ke-13 yaitu Merneptah (kemungkinan Firaun Exodus)”.
Beberpa ahli lainnya yang teori Merneptah yaitu Egyptologist Pierre Montetdalam bukunya Egypt and the Bible serta seorang ahli yang terkenal K.A Kithcen.

Selanjutnya kita lihat referensi tambahan mengenai Merneptah. 
http://www.digitalegypt.ucl.ac.uk/chronology/merenptah.html
…Merenptah (about 1213-1203 BC) King of the 19th Dynasty. Son of Ramesses II.”
…Merenptah (sekitar 1213-1203 SM) raja pada Dinasti ke-19. Anak dari Ramses II
http://en.wikipedia.org/wiki/Merneptah
…Merneptah was the fourth ruler of the Nineteenth Dynasty of Ancient Egypt. He ruled Egypt for almost ten years between late July or early August 1213 to May 2, 1203 BC, according to contemporary historical records.”
…Merneptah adalah raja yang keempat pada Dinasti 19 Mesir Kuno. Dia memerintah Mesir hampir sepuluh tahun antara akhir Juli atau awal Agustus 1213 s/d 2 Mei 1203 SM menurut catatan sejarah kontemporer"

Berdasarkan berbagai referensi-referensi kita bisa meringkaskan 2 (dua) hal penting, yaitu: 
- Artikel mummi Firaun tersebut menyatakan bahwa Firaun Exodus adalah Merneptah. Pendapat ini memang memiliki dukungan yang memadai dari cukup banyak ahli. Sudah tentu para ahli yang mendukung teori Merneptah.
- Berdasarkan data yang ada Firaun Merneptah tidak lama memerintah Mesir yaitu sekitar 10 s/d 13 tahun : 10 thn (1213-1203)/13 thn (1236-1223). Data ini sangat penting untuk studi kita berikutnya.

---------------------
Mari kita lihat catatan Quran & Alkitab mengenai Firaun Exodus. Pertama-tama kita perhatikan apa yang tertulis dalam Quran selanjutnya membandingkan dengan Alkitab.

B. FIRAUN EXODUS VERSI QURAN

QS 28 : 6dan akan Kami teguhkan kedudukan mereka di muka bumi dan akan Kami perlihatkan kepada Fir'aun dan Haman beserta tentaranya apa yang selalu mereka khawatirkan dari mereka itu.
QS 28 : 7Dan kami ilhamkan kepada ibu Musa; "Susuilah dia, dan apabila kamu khawatir terhadapnya maka jatuhkanlah dia ke sungai (Nil). Dan janganlah kamu khawatir dan janganlah (pula) bersedih hati, karena sesungguhnya Kami akan mengembalikannya kepadamu, dan men- jadikannya (salah seorang) dari para rasul.
QS 28 : 8Maka dipungutlah ia oleh keluarga Fir'aun yang akibatnya dia menjadi musuh dan kesedihan bagi mereka. Sesungguhnya Fir'aun dan Haman beserta tentaranya adalah orang-orang yang bersalah.

Silahkan dibaca lengkap mulai dari ayat 2 s/d 9. Dalam ayat-ayat itu diawali tulisan tentang kejahatan Firaun terhadap bani Israel sebelum Musa lahir. Selanjutnya dituliskan kisah kelahiran Musa dan pengadopsiannya oleh keluarga Firaun. Kemudian berlanjut dengan keberangkatan Musa ke Midian dan kembali memimpin bani Israel. Berdasarkan ayat-ayat ini sangat jelas menyatakan bahwa Firaun sebelum kelahiran Musa adalah Firaun yang sama dengan saat Musa memimpin bangsa Israel keluar dari Mesir. Berarti hanya ada satu Firaun pada masa hidup Musa di Mesir.

Bagian lain dari Quran memberikan indikasi yang sama. Dialog antara Musa dengan Firaun dalam QS 26:18-22 saat Musa kembali dari Midian, menuliskan perkataan Firaun bahwa dialah yang memelihara Musa pada masa kanak-kanaknya. Ayat lain yang memiliki indikasi hanya ada satu firaun terdapat dalamQS 26:10-16 dan QS 28:32-35.

Berdasarkan keterangan dari Quran bahwa hanya ada satu Firaun dalam hidup Musa di Mesir maka sangat jelas artikel mummi Firaun BERTENTANGAN dengan Quran itu sendiri. Karena artikel tersebut menyatakan bahwa ada 2 (dua) Firaun yaitu Ramses II & Merneptah pada masa hidup Musa di Mesir. Tidak heran dari kalangan Islam sendiri cukup banyak yang mempercayai bahwa Ramses II adalah Firaun Exodus bukan Merneptah. Tetapi hanya karena faktor penemuan Mummi Merneptah maka dipilihlah teori Merneptah padahal tanpa disadari teori ini menyerang kredibilitas Quran sendiri.

Alternatif pemilihan Ramses II oleh beberapa sarjana Muslim lainnya didasarkan adanya kemungkinan kesesuaian dengan Quran. Jika menurut Quran Firaun itu hidup sebelum Musa lahir sampai keluarnya dari Mesir berarti Firaun itu harus memiliki umur yang panjang. Dari beberapa Firaun, Ramses II adalah kandidat terkuat karena ia memerintah selama 66 tahun (1279-1213 SM). Quran tidak secara jelas menunjukan usia Firaun tetapi Alkitab memberi keterangan jelas bahwa usia Musa sekitar 80 tahun saat keluar dari Mesir (Kel 7:7). Jika mengacu pada Alkitab kemudian membandingkan kisah Firaun dalam Quran maka usia Musa 80 tahun hanya menunjukan perkiraan usia pemerintah Ramses II. Anggaplah saat Firaun naik tahta ia berusia 30 tahun berarti usia Firaun itu saat Exodus berkisar 110 tahun. Ini jelas tidak logis karena mana mungkin Firaun yang berusia sangat tua itu bisa memimpin pasukan Mesir yang biasanya naik kereta perang roda dua sambil berdiri di atasnya.

Memang menilai Quran mengacu pada Alkitab hanyalah perspektif Kristen. Tentu pihak muslim memiliki perspektif tersendiri terhadap hal ini. Karena Quran tidak menjelaskan usia Musa maka akan memberi beberapa kemungkinan. Bisa saja menurut perspektif Muslim bahwa usia Musa bukan 80 tahun tetapi lebih muda sehingga memungkinkan peluang kecocokan dengan Quran mengenai Ramses II sebagai Firaun Exodus. Tetapi alternatif Ramses II sebagai Firaun Exodus justru dihancurkan oleh Maurice Bucaille sendiri. Dia menyatakan dalam bukunyaMummies Of The Pharaohs
Ramesses II could not have been in a position to be at the head of the Egyptian army pursuing the Hebrews. Since he was suffering from a disease which rendered him disabled --as shown by X-rays-- …
…Ramses II tidak mungkin bertindak sebagai pemimpin pasukan Mesir mengejar orang Israel. Karena dia sedang menderita sakit yang membuatnya lumpuh—seperti yang ditunjukan oleh Sinar X (terhadap mumminya) …"

C. FIRAUN EXODUS VERSI ALKITAB
Mari kita lihat kisah Musa yang tertulis dalam Alkitab baik yang tercatat dalam kitab Kejadian (Perjanjian Lama) maupun dalam kitab Kisah Para Rasul (Perjanjian Baru).
Kel 2:11 Pada waktu itu, ketika Musa telah dewasa, ia keluar mendapatkan saudara-saudaranya untuk melihat kerja paksa mereka; lalu dilihatnyalah seorang Mesir memukul seorang Ibrani, seorang dari saudara-saudaranya itu
Kel 2:12 Ia menoleh ke sana sini dan ketika dilihatnya tidak ada orang, dibunuhnya orang Mesir itu, dan disembunyikannya mayatnya dalam pasir. 
Kel 2:15 Ketika Firaun mendengar tentang perkara itu, dicarinya ikhtiar untuk membunuh Musa. Tetapi Musa melarikan diri dari hadapan Firaun dan tiba di tanah Midian, lalu ia duduk-duduk di tepi sebuah sumur.

Musa melarikan diri keluar dari Mesir ke tanah Midian saat ia berusia 40 tahun & tinggal di sana selama 40 tahun seperti yang ditulis dlm kita Kisah Para Rasul.
Kis 7:23 Pada waktu ia berumur empat puluh tahun, timbullah keinginan dalam hatinya untuk mengunjungi saudara-saudaranya, yaitu orang-orang Israel. 
Kis 7:24 Ketika itu ia melihat seorang dianiaya oleh seorang Mesir, lalu ia menolong dan membela orang itu dengan membunuh orang Mesir itu.
Kis 7:29 Mendengar perkataan itu, larilah Musa dan hidup sebagai pendatang di tanah Midian. Di situ ia memperanakkan dua orang anak laki-laki. 
Kis 7:30 Dan sesudah empat puluh tahun tampaklah kepadanya seorang malaikat di padang gurun gunung Sinai di dalam nyala api yang keluar dari semak duri.
Hal ini sejalan dengan yang tertulis dalam kitab Kejadian bahwa umur Musa saat menghadap Firaun 80 tahun.
Kel 7:7 Adapun Musa delapan puluh tahun umurnya dan Harun delapan puluh tiga tahun, ketika mereka berbicara kepada Firaun.

Setelah sekian lama di tanah Midian, TUHAN menyatakan diriNya kepada Musa agar dia kembali ke Mesir karena Firaun sebelumnya sudah mati.
Kel 2:23 Lama sesudah itu matilah raja Mesir. Tetapi orang Israel masih mengeluh karena perbudakan, dan mereka berseru-seru, sehingga teriak mereka minta tolong karena perbudakan itu sampai kepada Allah.
Kel 4:19 Adapun TUHAN sudah berfirman kepada Musa di Midian: "Kembalilah ke Mesir, sebab semua orang yang ingin mencabut nyawamu telah mati."

Jadi jelaslah menurut Alkitab ada lebih dari satu Firaun pada masa hidup Musa di Mesir. Firaun pada masa penindasan sebelum Musa lari ke Midian telah mati dan digantikan Firaun lainnya. Jika kita membandingkan dengan teori Merneptah sebagai Firaun Exodus dan Ramses II sebagai Firaun penindas maka terdapat kesesuaian teori ini dengan Alkitab. Sehingga artikel mummi Firaun justru lebih mendukung Alkitab dibanding Quran.

D. KESIMPULAN
Melalui analisis ini maka kita bisa menyimpulkan bahwa artikel mummi Firaun tidaklah tepat untuk mendukung kebenaran Quran. Malah sebaliknya artikel itu justru menyerang Quran itu sendiri. Teori Merneptah sebagai Firaun Exodus ternyata bertentangan dengan Quran. Bahkan alternatif Ramses II sebagai Firaun Exodus yang dipilih sebagian sarjana muslim yang dianggap lebih cocok dengan Quran juga ikut diserangnya. Terutama tulisan Maurice Bucaille yang menyatakan bahwa Ramses II tidaklah mungkin Firaun Exodus. 

Bagi kekristenan teori Merneptah sebagai Firaun Exodus malah lebih sesuai dengan Alkitab. Banyak ahli yang mendukung teori ini terutama Kenneth Kitchen seorang ahli sejarah/arkeolog yang terkemuka. Namun bukan berarti kita langsung menyimpulkan secara tegas bahwa Merneptah adalah Firaun Exodus. Karena masih ada kandidat lain yang diusulkan para ahli terutama Amenhotep II sebagai Firaun Exodus dan Thutmose III sebagai Firaun penindas . Beberapa ahli terkenal ikut mendukung teori kedua ini seperti Bryan G. Wood, William Shea, Unger dan lain-lain. Biarlah kita terus mencermati perkembangan arkeologi & penelitian sejarah kuno yang terus dilakukan para ahli. Sehingga di masa yang akan datang akan semakin jelas siapa sebenarnya Firaun yang memiliki kemungkinan terbesar sebagai Firaun Exodus.

bersambung ke bagian 2

HALAMAN 2

Pengantar: Pada bagian 1 telah dibahas mengenai teori Merneptah sebagai Firaun Exodus yang ternyata justru bertentangan dengan Quran. Pada bagian 2 ini kita akan melanjutkan pembahasan mengenai Merneptah dengan fokus pada kematian Merneptah. Artikel tentang kematian Merneptah juga telah banyak beredar di internet salah satunya di website harian Republika onlinehttp://www.republika.co.id/node/61915.
Artikel tersebut menuliskan kisah penelitian Maurice Bucaille yang membuktikan bahwa Merneptah mati tenggelam dan dianggap sesuai dengan Quran. Dalam artikel lainnya tentang mummi Firaun yang sebagian telah dibahas pada bagian 1menyatakan bahwa dalam Alkitab mayat Firaun telah hilang musnah sehingga Alkitab bertentangan dengan Arkeologi karena ternyata mayat Firaun Exodus telah ditemukan yaitu Merneptah.

ARGUMENTASI ISLAM
Ketertarikan Bucaille terhadap Islam mulai muncul ketika secara intens dia mendalami kajian biologi dan hubungannya dengan beberapa doktrin agama. Karenanya, ketika datang kesempatan kepada Bucaille untuk meneliti, mempelajari, dan menganalisis mumi Firaun, ia mengerahkan seluruh kemampuannya untuk menguak misteri di balik penyebab kematian sang raja Mesir kuno tersebut.

Ternyata, hasil akhir yang ia peroleh sangat mengejutkan! Sisa-sisa garam yang melekat pada tubuh sang mumi adalah bukti terbesar bahwa dia telah mati karena tenggelam. Jasadnya segera dikeluarkan dari laut dan kemudian dibalsem untuk segera dijadikan mumi agar awet.

Terkait dengan laporan akhir yang disusunnya, salah seorang di antara rekannya membisikkan sesuatu di telinganya seraya berkata: ''Jangan tergesa-gesa karena sesungguhnya kaum Muslimin telah berbicara tentang tenggelamnya mumi ini''. Bucaille awalnya mengingkari kabar ini dengan keras sekaligus menganggapnya mustahil. Hingga salah seorang di antara mereka berkata bahwa Alquran yang diyakini umat Islam telah meriwayatkan kisah tenggelamnya Firaun dan kemudian diselamatkannya mayatnya. Ungkapan itu makin membingungkan Bucaille. Lalu, dia mulai berpikir dan bertanya-tanya. Bagaimana mungkin hal itu bisa terjadi? Bahkan, mumi tersebut baru ditemukan sekitar tahun 1898 M, sementara Alquran telah ada ribuan tahun sebelumnya.

Sementara itu, dalam kitab suci agama lain, hanya membicarakan tenggelamnya Firaun di tengah lautan saat mengejar Musa, dan tidak membicarakan tentang mayat Firaun. Bucaille pun makin bingung dan terus memikirkan hal itu. … dia meminta untuk didatangkan Kitab Taurat (Perjanjian Lama). Diapun membaca Taurat yang menceritakan: ''Airpun kembali (seperti semula), menutupi kereta, pasukan berkuda, dan seluruh tentara Firaun yang masuk ke dalam laut di belakang mereka, tidak tertinggal satu pun di antara mereka''. Kemudian dia membandingkan dengan Injil. Ternyata, Injil juga tidak membicarakan tentang diselamatkannya jasad Firaun dan masih tetap utuh. Karena itu, ia semakin bingung.

JAWABAN
Maurice Bucaille menyatakan bahwa Merneptah adalah Firaun Exodus berdasarkan bukti kandungan garam yang terdapat pada tubuh mummi itu. Menurutnya mummi itu membuktikan kebenaran Quran karena Quran menyatakan bahwa jasad Firaun diselamatkan Allah. Sedangkan dalam Alkitab menurutnya menyatakan mayat Firaun telah musnah. 

Mari kita membahasnya pertama-tama menguji tuduhan mengenai musnahnya mayat Firaun menurut Alkitab. Selanjutnya mencermati pernyataan Quran tentang hal ini dan terakhir menanggapi hasil penelitian dari Maurice Bucaille.

A. KEMATIAN FIRAUN EXODUS VERSI ALKITAB
Alkitab memang tidak secara eksplisit menuliskan keadaan mayat Firaun Exodus. Namun ada beberapa ayat yang berkaitan dengan kematian Firaun Exodus yaituMazmur 136:13-15, Mazmur 106:9-11 dan Keluaran 14:28.

Maz 136:13 Kepada Dia yang membelah Laut Teberau menjadi dua belahan; bahwasanya untuk selama-lamanya kasih setia-Nya. 
Maz 136:14 Dan menyeberangkan Israel dari tengah-tengahnya; bahwasanya untuk selama-lamanya kasih setia-Nya. 
Maz 136:15 Dan mencampakkan Firaun dengan tentaranya ke Laut Teberau! Bahwasanya untuk selama-lamanya kasih setia-Nya.
Dari ayat-ayat ini tidak ada pernyataan bahwa mayat Firaun telah musnah atau hilang, hanya dikatakan “mencampakkan” bukan memusnahkan atau menghilangkan. Sedangkan frase “selama-lamanya” digunakan oleh ketiga ayat itu dan frase ini bukan mengacu pada mayat Firaun akan hilang selama-lamanya, tetapi mengacu pada Allah bahwa kasih setiaNya tetap untuk selama-lamanya.

Maz 106:9 Dihardik-Nya Laut Teberau, sehingga kering, dibawa-Nya mereka berjalan melalui samudera raya seperti melalui padang gurun. 
Maz 106:10 Demikian diselamatkan-Nya mereka dari tangan pembenci, ditebus-Nya mereka dari tangan musuh; 
Maz 106:11 air menutupi para lawan mereka, seorangpun dari pada mereka tiada tinggal.
Frase “seorangpun dari pada mereka tiada tinggal” tidak berkaitan keadaan mayat mereka tetapi berkaitan dengan keselamatan jiwa mereka. Bandingkan dengan ayat 10 yang menyatakan orang Israel “diselamatkan-Nya”. Frase hanya menjelaskan bahwa semua pasukan Mesir itu mengalami kematian.

Kel 14:28 Berbaliklah segala air itu, lalu menutupi kereta dan orang berkuda dari seluruh pasukan Firaun, yang telah menyusul orang Israel itu ke laut; seorangpun tidak ada yang tinggal dari mereka. 
Ayat ini dianggap menyatakan bahwa mayat orang Mesir itu akan musnah, padahal yang dimaksud frase “tidak ada yang tinggal dari mereka” sama dengan frase “seorangpun dari pada mereka tiada tinggal”. Sekali lagi ini jelas berkaitan dengan keselamatan jiwa orang Mesir bahwa semuanya mengalami kematian.

Lalu bagaimana dengan keadaan mayat-mayat dari orang Mesir itu? Jawaban terdapat pada ayat selanjutnya.
Kel 14:30 Demikianlah pada hari itu TUHAN menyelamatkan orang Israel dari tangan orang Mesir. Dan orang Israel melihat orang Mesir mati terhantar di pantai laut.
Mayat-mayat orang Mesir itu jelas tidah hilang atau musnah selama-lamanya tetapi mayat-mayat itu terdampar di sepanjang pantai. Ini berarti termasuk mayat dari Firaun Exodus dan kemungkinan besar mayat Firaun itu akan ditemukan karena mayat itu pasti menjadi prioritas pencarian dari orang-orang Mesir lainnya.

B. KEMATIAN FIRAUN EXODUS VERSI QURAN
Sekarang kita melihat pernyataan Quran mengenai hal ini:
QS. 10:92 “Maka pada hari ini Kami selamatkan badanmu supaya kamu dapat menjadi pelajaran bagi orang-orang yang datang sesudahmu dan sesungguhnya kebanyakan dari manusia lengah dari tanda-tanda kekuasaan Kami”
Sesuai dengan kebijakan Apologia Kristen yang hanya fokus pada pembelaan terhadap Alkitab. Maka kami tidak melakukan analisis secara tekstual dan gramatikal (Nahwu Sharaf) terhadap ayat tersebut. Namun kami hanya memberi tanggapan secara umum saja.

Seandainya memang yang dimaksudkan mummi Firaun maka ini bukanlah hal luar biasa. Karena praktek mummi terhadap mayat Firaun telah banyak diketahui orang-orang di luar Mesir . Bahkan Herodotus (450 M) sejarawan Yunani kuno yang hidup beberapa ratus tahun sebelum Islam telah menuliskan proses pembuatan mummi setelah berkunjung ke Mesir. Jelas informasi tentang hal ini telah banyak beredar di daerah timur tengah apalagi pada masa lahirnya Islam akses perdagangan dari Mekkah ke Arab bagian utara yang dikenal dengan nama Arab Petraea telah terbuka luas sehingga informasi seperti semacam ini telah banyak diketahui orang.

Menariknya kisah kematian Firaun dalam Quran memiliki kemiripan dengan kisah kematiun Firaun yang tertulis dalam Talmud Yahudi, Pirke Rabbi Elieazer, xliii; Midrash Yalkut, ccxxxviii yg dikutip oleh T.P. Hughes, Dictionary of Islam [Kazi Publications Inc., Chicago Il. 1994.
..Perceive the great power of repentance! Pharaoh, king of Egypt, uttered very wicked words - 'Who is the god whose voice I shall obey? (Exod. 5:2). Yet as he repented, saying. 'Who is like unto thee among the gods?' (Exod. 15:2). God saved him from death; for it saith; Almost had I stretched out my hands and destroyed; but God let him live, that he might declare his power and strength.'…

C. KEMATIAN MERNEPTAH FIRAUN EXODUS ?

Pernyataan Maurice Bucaille bahwa mummi Merneptah telah mati tenggelam berdasarkan kandungan garam di tubuh mummi tersebut, justru lebih tepat digunakan oleh pihak Kristen. Karena pada bagian 1 telah dibahas bahwa teori Merneptah sebagai Firaun Exodus lebih sesuai dengan Alkitab dibanding Quran. Apalagi tuduhan bahwa Alkitab menyatakan mayat Firaun telah musnah ternyata tidaklah tepat. Sedangkan mayat Firaun yang diselamatkan dalam Quran dan kemudian di-mummi-kan adalah informasi yang umum pada masa Islam.
Namun bagi orang Kristen tidak sertamerta mengambil hasil penelitian Maurice Bucaille mengenai kandungan garam untuk mendukung kekristenan. Kita tetap harus kritis untuk menguji kembali kesimpulan seperti itu.

Mari kita lihat sumber data primer yang digunakan Maurice Bucaille yaitu buku G. Elliot Smith, The Royal Mummies. Berikut kutipannya:
…The skin of the body is thickly encrusted with salt, which my colleague, M.W.M.Colles, has examined and found to be sodium chloride”.
…kulit dari tubuh mummi itu dibungkus oleh lapisan tebal yang mengandung garam, menurut rekan saya, M.W.M. Colles, ia telah memeriska dan menemukan Sodim Klorida”.
Memang benar bahwa kulit mummi itu dilapisi garam yang berjenis Sodium Klorida. Namun dibagian lain dituliskan.
“... The whole body was thus exposed covered in parts by a thin layer … Charles Todd kindly examined this material, which proved to be a balsam.
…Seluruh tubuh dari mummi itu dibungkus oleh sebuah lapisan tipis …Charles Todd telah menguji material ini dan membuktikan bahwa ini adalah hasil dari pembalsaman."
Maurice Bucaille hanya mengutip bagian yang cocok dengan agendanya dan mengabaikan bagian lain. Jadi jelaslah menurut buku Elliot sendiri tubuh mummi itu memang benar mengandung garam tetapi itu disebabkan oleh pembalsaman.

Proses pembalsaman ini menggunakan bahan yang disebut Natron yang mengandung garam salah satunya jenis Sodium Klorida.http://www.cartage.org.lb/en/themes/Sciences/LifeScience/CollectionPreservation/Mummification/EgyptianMummification/EgyptianMummification.htm
They dried the body by using a salt mixture called natron. Natron is a natural substance that is found in abundance along the Nile river. Natron is made up of four salts: sodium carbonate, sodium bicarbonate, sodium chloride, and sodium sulfate.”
Mereka mengeringkan tubuh mummi itu menggunakan sebuah campuran garam yang disebut natron. Naturan adalah sejenis bahan alami yang ditemukan disepanjang sungai Nil. Natron terdiri atas empat jenis garam yaitu: karbonat, sodium bikarbonat, sodium klorida dan sodium sulfat"
Bagian dalam perut mummi dikeluarkan lalu direndam dilarutan garam.http://simple.wikipedia.org/wiki/Mummy
…Next, they make a hole in the body to remove all the organs except for the heart…The hole was then filled with linen and spices and the body was left under a salt to become dry.
…Kemudian, mereka membuat lubang dari tubuh mummi itu untuk mengeluarkan seluruh organnya kecuali jantung. … Lubang di tubuh itu dimasukan linen dan rempah-rempah dan tubuh itu direndamkan di dalam larutan garam sampai menjadi kering.

Berdasarkan data ini, pernyataan Maurice Bucaille tidaklah lengkap dan mengabaikan fakta bahwa kandungan garam ini bisa disebabkan proses pembalsaman. Hal ini membuktikan ketidakjujuran secara akademik dari seorang Maurice Bucaille. Namun bukan bearti menutup peluang bahwa Firaun Exodus mati tenggelam. Bisa saja setelah mati tenggelam, mayatnya ditemukan terhantar di pinggir pantai, kemudian mayat itu dibalsamkan (mummi). 

D. KESIMPULAN 
Kematian Merneptah yang dianggap oleh Maurice Bucaille mati tenggelam justru mendukung Alkitab, karena berdasarkan pembahasan pada bagian 1 teori Merneptah lebih sesuai dengan Alkitab dibanding Quran. Alkitab tidak pernah menyatakan bahwa mayat Firaun hilang lenyap, ini hanyalah asumsi yang berlebihan. Malah dalam Alkitab mengindikasikan mayat Firaun berpeluang ditemukan saat terhantar di pinggir pantai. Pernyataan Bucaille mengenai kandungan garam dari mummi tidah harus diterima begitu saja. Karena kita harus jujur menilai semua fakta yang ada bahwa kandungan garam itu adalah akibat pembalsaman. Namun tetap ada peluang Firaun itu telah mati tenggelam, mayatnya ditemukan di pinggir pantai dan kemudian dibalsamkan.

Dari seluruh pembahasan ini kita haruslah hati-hati dalam menilai setiap fakta dan pendapat yang ada, sekalipun dia seorang ahli. Terbukti Maurice Bucaille yang dianggap ahli dan sering dijadikan rujukan ternyata tidaklah menyajikan seluruh fakta secara lengkap dan jujur. Kajiannya tentang mummi Firaun untuk mendukung Islam ternyata tanpa disadari telah menyerang Islam itu sendiri.

In Love of the Christ
ApologiaKristen.co.cc

18 komentar:

  1. faktanya memang Ramses 2 kok yang dikirim ke paris buat diteliti oleh Maurice Bucaille sebelum dia masuk islam.

    BalasHapus
  2. lihat link berikut: http://moeflich.wordpress.com/2007/11/27/foto-tengkorak-umat-nabi-hud-dan-firaun/
    dimana ramses 2 dibuatin passport-nya utk terbang ke paris.

    BalasHapus
  3. yaaa... kristen gak perlu bete-lah kalau peneliti itu akhirnya masuk islam...

    BalasHapus
  4. Sekarang kita melihat pernyataan Quran mengenai hal ini:
    QS. 10:92 “Maka pada hari ini Kami selamatkan badanmu supaya kamu dapat menjadi pelajaran bagi orang-orang yang datang sesudahmu dan sesungguhnya kebanyakan dari manusia lengah dari tanda-tanda kekuasaan Kami”. (sangat detail sekali penjelasan Al-Qur'an pada ayat ini... Subhannallah...)

    BalasHapus
  5. Sebenarnya memang tidak ada yang salah dalam injil, umat islam juga mengimani injil (sebelum dirubah). Islam juga mengimani yesus kristus, tapi sebagai utusan, bukan sebagai Tuhan. Baca Matius 7 : 15-23. Pahami sendiri, jangan bertanya kepada pendeta. Kesalahan umat nashrani bukan pada Yesus Kristus, tapi pada gereja dan pendetanya. Assalamu'alaikum Wr. Wb. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. BETUL, MUSLIM SESAT BUKAN KRN TUHANNYA DI ALQURAN, TETAPI KARENA NABI MUHAMMADNYA YG TELAH MENGELABUI MUSLIM DGN MEMNAFAATKAN TUHAN UNTUK KEPNETINGAN DAN AMBISI PRIBADI MUHAMMAD SENDIRI

      Hapus
    2. Tidak manusia yg lebih baik daripada Nabi Muhammad SAW yg telah membawa umatnya lepas dari Jahiliyah menuju terang.
      Kalau anda kriten coba jawab pertanyaan setingkat SLTP ini?
      1. Mana pengakuan yesus dalam
      Bibel bahwa dirinya tuhan, dan
      perintah untuk menyembah
      dirinya ?
      2. Mana keterangan dalam Bibel
      tentang Tanggal Lahir yesus dan
      perintah merayakan natal pada
      tanggal 25 Desember ??
      3. Mana perintah yesus untuk
      beribadah hari minggu ?
      4. Kenapa kristen meghallalkan
      berzinah ? apa dasarnya ?
      pemain bokep amerika 100%
      kristen dan tidak dilarang oleh
      agama kristen !
      5. Siapa orang yang pertama kali
      melukis wajah tuhan / yesus ?
      sertakan dalil yang kuat
      6. Apa agama yang di anut yesus
      ketika masih hidup ? kristen atau
      katolik ? sertakan dalil
      7. Mana dalil dalam
      bibel ,''asalkan percaya kepada
      yesus pasti masuk surga'' ? ada
      kata PASTI !!!
      8. Kenapa jumlah ayat bibel
      berbeda-beda, bibel indonesia
      berbeda dengan bibel amerika,
      dan negara lainnya. dan
      perbedaanya sangat jauh !
      9. Sebutkan siapa yang hafal
      bibel di luar kepala, walau 1
      surah saja !
      10. Kenapa agama kristen
      menghalalkan minuman keras ?
      apa dasarnya ?
      11. Kenapa agama kristen selalu
      mengamandemen kitab sucinya
      ''bibel'' ?
      12. Kenapa agama kristen
      meghallalkan makan
      anjing,babi,dan hewan najis
      lainnya ? apa dasarnya ?
      13. Jika yesus benar tuhan, tentu
      sangat diabadikan makan
      aslinya, dimana makan asli
      yesus, sebutkan alasan tentang
      kebenarannya !
      14. Kenapa yesus
      sembahyanag ? siapa yang ia
      sembah ?
      15. Kenapa yesus di baptis ?
      kenapa tuhan di baptis oleh
      manusia ?
      16. Mana dalil bahwa yesus yang
      menciptakan alam semesta
      beserta isinya ?
      17. Mana dalil tentang tuntunan
      sembahyang dengan bernyanyi ?
      18. Jika benar yesus tuhan.
      Kenapa tuhan rela mati demi
      makhluk ciptaanya sendiri ?
      dimaa derajatnya sebagai tuhan ?

      Hapus
    3. orang kristen masih terus meter-muter alasan untuk mementahkan Al qur'an padahal Al Qur'an sudah menjelaskan sejelas jelasnya bahwa badan firaun diselamatkan untuk jadi pelajaran bagi orang orang yang datang sesudahnya dengan beraninya Al Qur'an menyatakan itu karena Al Qur'an itu firman ALLAH SWT. tuhan yang maha tahu walaupun pada masa Al Qur'an itu diturunkan tidak ada orang yang tahu dimana keberadaan jasad firaun karena peristiwa itu telah terjadi ribuan tahun sebelum AlQur'an diturunkan termasuk alkitab tidak menjelaskan dimana jasad firaun itu berada apa suda dimakan ikan atau berada di kuburan, dan ternyata benar jasad firaun masih ada dengan diketemukannya di wadi al muluk dan benar-benar bisa jadi pelajara karena jasad firaun bisa kita saksikan sekarang di musium Mesir. kalau alkitab itu benar kenapa tidak berani bilang masih padahal alkitab itu lebih dulu dari Al Quran dan tentu lebih dekat dengan peristiwa tenggelamnya firaun. orang kristen sebaiknya diam saja.

      Hapus
    4. orang kristen masih terus meter-muter alasan untuk mementahkan Al qur'an padahal Al Qur'an sudah menjelaskan sejelas jelasnya bahwa badan firaun diselamatkan untuk jadi pelajaran bagi orang orang yang datang sesudahnya dengan beraninya Al Qur'an menyatakan itu karena Al Qur'an itu firman ALLAH SWT. tuhan yang maha tahu walaupun pada masa Al Qur'an itu diturunkan tidak ada orang yang tahu dimana keberadaan jasad firaun karena peristiwa itu telah terjadi ribuan tahun sebelum AlQur'an diturunkan termasuk alkitab tidak menjelaskan dimana jasad firaun itu berada apa suda dimakan ikan atau berada di kuburan, dan ternyata benar jasad firaun masih ada dengan diketemukannya di wadi al muluk dan benar-benar bisa jadi pelajara karena jasad firaun bisa kita saksikan sekarang di musium Mesir. kalau alkitab itu benar kenapa tidak berani bilang masih padahal alkitab itu lebih dulu dari Al Quran dan tentu lebih dekat dengan peristiwa tenggelamnya firaun. orang kristen sebaiknya diam saja.

      Hapus
  6. Mustahil Kristen bisa menjawab
    pertanyaan setingkat SLTP ini?
    1. Mana pengakuan yesus dalam
    Bibel bahwa dirinya tuhan, dan
    perintah untuk menyembah
    dirinya ?
    2. Mana keterangan dalam Bibel
    tentang Tanggal Lahir yesus dan
    perintah merayakan natal pada
    tanggal 25 Desember ??
    3. Mana perintah yesus untuk
    beribadah hari minggu ?
    4. Kenapa kristen meghallalkan
    berzinah ? apa dasarnya ?
    pemain bokep amerika 100%
    kristen dan tidak dilarang oleh
    agama kristen !
    5. Siapa orang yang pertama kali
    melukis wajah tuhan / yesus ?
    sertakan dalil yang kuat
    6. Apa agama yang di anut yesus
    ketika masih hidup ? kristen atau
    katolik ? sertakan dalil
    7. Mana dalil dalam
    bibel ,''asalkan percaya kepada
    yesus pasti masuk surga'' ? ada
    kata PASTI !!!
    8. Kenapa jumlah ayat bibel
    berbeda-beda, bibel indonesia
    berbeda dengan bibel amerika,
    dan negara lainnya. dan
    perbedaanya sangat jauh !
    9. Sebutkan siapa yang hafal
    bibel di luar kepala, walau 1
    surah saja !
    10. Kenapa agama kristen
    menghalalkan minuman keras ?
    apa dasarnya ?
    11. Kenapa agama kristen selalu
    mengamandemen kitab sucinya
    ''bibel'' ?
    12. Kenapa agama kristen
    meghallalkan makan
    anjing,babi,dan hewan najis
    lainnya ? apa dasarnya ?
    13. Jika yesus benar tuhan, tentu
    sangat diabadikan makan
    aslinya, dimana makan asli
    yesus, sebutkan alasan tentang
    kebenarannya !
    14. Kenapa yesus
    sembahyanag ? siapa yang ia
    sembah ?
    15. Kenapa yesus di baptis ?
    kenapa tuhan di baptis oleh
    manusia ?
    16. Mana dalil bahwa yesus yang
    menciptakan alam semesta
    beserta isinya ?
    17. Mana dalil tentang tuntunan
    sembahyang dengan bernyanyi ?
    18. Jika benar yesus tuhan.
    Kenapa tuhan rela mati demi
    makhluk ciptaanya sendiri ?
    dimaa derajatnya sebagai tuhan ?

    BalasHapus
  7. jelas sekali bahwa alquran salah dalam hal ini, firaun jaman musa ada beberapa firaun dan yang mati ditelan lautan itu tidak sama dengan mumi firaun yang ditemukan

    BalasHapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  9. koq ribet liat aja debat dr zakir naik vs dr wiliam cambel,trus liat akurat mana alquran at injil yg ada sekarang

    BalasHapus
  10. bagus asumsinya ... saya juga akan berasumsi dong bahwa kandungan garam pada mummy yang lain tidak ada. Denger-denger posisi tubuh Mernapth dan kandungan ganggang di paru, dan kontraksi kuat pada paru-paru seperti orang mati tengelam juga menunjukkan bukti mati tenggelam
    Denger-denger juga nih, tahun kehidupoan Musa di bibel tidak menpat tahun pemerintahan Firaun yang dimaksud ....

    BalasHapus
  11. Dalam Al-Quran cukup jelas disebutkan bahwa Taurat dan Injil adalah ajaran yang diturunkan dalam bentuk kitab kepada Nabi Musa AS dan Nabi Isa AS. Jadi, bukan kitab-kitab yang berisikan kesaksian manusia.Hubungan dengan kitab-kitab lain
    Berkaitan dengan adanya kitab-kitab yang dipercayai diturunkan kepada nabi-nabi sebelum Muhammad SAW dalam agama Islam (Taurat, Zabur, Injil, lembaran Ibrahim), Al-Qur'an dalam beberapa ayatnya menegaskan posisinya terhadap kitab-kitab tersebut. Berikut adalah pernyataan Al-Qur'an yang tentunya menjadi doktrin bagi ummat Islam mengenai hubungan Al-Qur'an dengan kitab-kitab tersebut:
    l Bahwa Al-Qur'an menuntut kepercayaan ummat Islam terhadap eksistensi kitab-kitab tersebut. QS(2:4)
    l Bahwa Al-Qur'an diposisikan sebagai pembenar dan batu ujian (verifikator) bagi kitab-kitab sebelumnya. QS(5:48)
    l Bahwa Al-Qur'an menjadi referensi untuk menghilangkan perselisihan pendapat antara ummat-ummat rasul yang berbeda. QS(16:63-64)
    l Bahwa Al-Qur'an meluruskan sejarah. Dalam Al-Qur'an terdapat cerita-cerita mengenai kaum dari rasul-rasul terdahulu, juga mengenai beberapa bagian mengenai kehidupan para rasul tersebut. Cerita tersebut pada beberapa aspek penting berbeda dengan versi yang terdapat pada teks-teks lain yang dimiliki baik oleh Yahudi dan Kristen.


    Tambahan :
    Kitab suci injil yang saat ini dijadikan kitab suci oleh kaum nasrani / kristen katolik & protestan sangat berbeda dengan injil yang diwahyukan kepada nabi Isa AS semasa hidupnya untuk kaumnya. Oleh sebab itu datang Alqur'an untuk menjadi penyempurna seluruh kitab suci yang pernah ada.

    BalasHapus
  12. QS 10:92 maka pafa hari ini kami selamatkan badanmu supaya kamu dapat menjadi pelajaran bagi orang-orang yang datang sesudahmu dan sesungguhnya kebanyakan dari manusia lengah dari tanda-tanda kekuasaan kami. SAYA JAWAB: diatas ini tidak menuliskan bahwa, pada hari ini kami selamatkan badanmu firaun, tetapi kami selamatkan bafanmu. Karena pada saat itu para pengikut muhamat yang berperang membiarkan badan orang yang dibantai supaya menjadi pelajaran bagi orang-orang yaitu kaum musuh muhamat. Jadi quran belum bisa membuktikan kebenarannya. Karena itu di tulis oleh pengikut muhamat itu sendiri di daun kayu dan ditulang binatang yang ditemukan. Hemat kami quran itu disengaja ditulis untuk mengkeritik kitap lain supaya membenarkan kitab quran. Kalau memang dari Allah knapa didaun kayu dan di tulang hewan ditemukan? Kesaksian para nabi hanyalah nabi musa terdapat 10 perintah Allah saja yang langsung ditulis dari jari Allah itu sendiri. Kalau muhamat memiliki kuasa atau kekuatan ajaib langsung dari Allah mengapa perang harus keroyok banyak orang??? Knapa tidak minta Allah tongkat seperti nabi musa supaya muhamat sendiri yang menghadap musuh? Supaya orang percaya bahwa dia nabi dari Allah. Sebenarnya kalian yang percaya muhamat itu adalah keliru dan menobatkan muhamat seorang nabi, betapa sesatnya. Saya hanya mengakui muhanat itu hanya sebatas serang tokoh agama muslim yang tidak sedikitpun kelebihan dia dibandingkan santo paulus dan tidak sedikitpun mempunyai kelebihan dibandingkan dengan maryen luter. Quran banyak di adopsi dari hukum taurat nabi musa dan alkitab, cuman dibengkok sedikit supaya tidak kentara. Amin; saya percaya kepada orang nasrani dan yesus yaitu dia, firman Allah yang menjadi manusi.

    BalasHapus
  13. @senso goris:
    Menjawab yang anda tuliskan (dan umat kristen lain), dengan pertanyaan.
    1. Siapa buccaile? Org kristen. Peneliti, seorang ilmuwan. Apa ada org islam meneliti? Tidak. Kami percaya dengan Quran kami. Kalian yg meneliti dan malah mempertebal iman kami thd Islam. Terima kasih.
    2. Dalam alkitab kalian, berapa lama alam semesta diciptakan? Enam hari.
    Hari pertama. Terang untuk memisahkan gelap.
    Hari kedua. Langit
    Hari ketiga. Tumbuhan...
    Hari keempat. Matahari...
    Hmmm....anda sebagai orang berilmu pasti belajar IPA. Matahari sebagai pembatas siang malam, tumbuhan perlu matahari untuk berfotosintesa dan diperlukan mas senso goris juga waktu bayi biar dapet vit D. HEHEHE. Kok kebolak balik begitu ya ciptaan leysus? Eh yesus? Wah kontradiktif dengan ilmu pengetahuan hehe.
    3. Banjir nabi Nuh lokal atau dunia? Quran bilang lokal doang banjirnya. Kristen bilang banjir seluruh dunia. Sekali lagi, yang buktikan quran benar adalah ilmuwan kristen.
    4. Muhammad seorang nabi dan orang biasa? Iya. Kalah sama santo paulus...iya. Kalah krn muhammad ga bisa bohong.
    5. Muhammad membelokkan sedikit dari kitab2 lain? Kalo muhammad yg melakukan itu ga mungkin wong buta huruf. Kalau Allah yg lakukan? Iya. Pembelokan ibarat kawat yng bengkok untuk di luruskan kembali (dari yang kalian belokkan alias di rubah2...tidak murni lagi).

    Ada beberapa pertanyaan dari umat muslim diatas...kok kalian tidak satupun menjawab? Tidak perlu ada yg sekelas ulama untuk menjawab pertanyaan dari pastor kalian. Untuk kalian, hanya anak sd saja sudah cukup untuk bisa buat kalian malu. Setelah kalian malu, mulai terpojok...mulai dah mencaci, mengejek...yah seperti cara2 yahudi saat membunuh tuhan kalian itu. Bodoh sekali. Tuhan yg malang, mati disalib dgn tulisan INRI (RAJA ORG YAHUDI). Sedih sekali....dibunub dan dinistakan. Benar2 useless god. Masya Allah.

    BalasHapus